Hari Kedua Pendaftaran, KPU Bone Bolango Terima 2 Bapaslon

60DTK, Bone Bolango – Dihari kedua, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango menerima pendaftaran dua Bakal Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Sabtu (5/09/2020).

Pasangan pertama yang mendaftar yakni Ruslianto Monoarfa dan Umar Ibrahim yang datang mendaftarkan diri, sekitar pukul 11:30 WITA. Kemudian disusul oleh pasangan Ismet Mile dan Umar Ibrahim, yang datang sekitar pukul 13:45 WITA.

Ketua KPU Bone Bolango Adnan Berahim menjelaskan, bahwa dengan bertambahnya dua pasangan calon yang mendaftarkan diri, maka total pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati sudah ada 4 pasangan.

“Hari ini dua dua pasangan calon, yakni Ruslianto Monoarfa-Umar Ibrahim, dan Pasangan Calon Ismet Mile-Sukandi Talani, jadi total, pasangan calon yang mendaftar di KPU ada 4 pasangan,” ungkap Adnan saat diwawancara awak media, usai melakukan penelitian kepada dua Bakal Calon yang mendaftar pada hari ini.

Baca Juga: KPU Bonbol Terima Pendaftaran 2 Bakal Calon Bupati Dan Wakil Bupati

Ia juga mengungkapkan, setelah diterimanya seluruh berkas yang dimasukan oleh pasangan calon, pihaknya akan melakukan verifikasi dari tanggal 6 September hingga 12 September 2020. Sedangkan untuk Verifikasi Faktual, kata dia tidak menutup kemungkinan untuk keluar daerah.

“Selanjutnya KPU akan melakukan Verifikasi administrasi mulai dari tanggal 6 sampai dengan 12 September 2020, kemudian akan ditindaklanjunti dengan verifikasi faktual. Verifikasi ini memungkinkan KPU keluar daerah seperti soal Ijazah. Karena lebih banyak calon pendidikannya sampai keluar daerah,” ungkapnya.

Selain itu, ia mendeskripsikan terkait peluang Bakal Calon yang akan mendaftarkan diri. Yakni, untuk pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati jalur perseorangan itu sudah tidak ada lagi, karena hanya dibatasi dua pasangan saja.

Baca Juga: KPU Bone Bolango Batasi 25 Orang Dampingi Bapaslon Saat Mendaftar

Untuk jalur perseorangan itu ke duanya sudah di isi. Diantaranya oleh pasangan Moh. Kilat wartabone – Syamsir Djafar Kiyai dan Ismet Mile – Sukandi Talani. Sedangkan untuk jalur dukungan partai, sudah tidak ada lagi. Karena ke delapan partai Politik sudah berkoalisi mendukung pasangan calon lainnya.

“Kalau kita menghitung secara matematis sederhana untuk calon perseorangan sudah tidak ada peluang lagi, karena sudah kita tetapkan hanya dua pasangan, kalau dari segi partai politik maupun gabungan partai politik, tiga partai sudah berkoalisi, empat partai juga sudah punya koalisi, satu partai sudah menyatakan dukungan pasangan calon perseorangan,” tutupnya. (adv)

 

 

Pewarta: Hendra Setiawan