Hari Patriotik 23 Januari, Wali Kota Gorontalo Kunjungi Makam Nani Wartabone

60DTK – GORONTALO : Kunjungan Wali Kota Gorontalo di Makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone di Kelurahan Bube Baru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango sore tadi, di sambut baik seluruh masyarakat dan juga Organisasi Pramuka serta Komunitas anak muda yang tergabung di Club motor (YRFI Gorontalo) rabu,(23/01/2019).

Sebelum melaksanakan doa di makam Nani Wartabone, Marten pun melaksanakan upacara penghormatan di sekitaran makam Nani Wartabone. Pada kesempatan itu pula, Ia  yang menjadi Inspektur Upacara, menyampaikan bahwa nilai-nilai perjuangan dari Nani Wartabobe patut di contohi oleh generasi muda.

“Di sore hari ini kita hadir di tempat yang bersejarah, Makam Nani Wartabone. ia adalah seorang pemberani yang mengusir penjajahan di Gorontalo dan alhamdulillah atas semangat yang tinggi pada tanggal 23 Januari tahun 1942, para penjajah takut dan bertekuk lutut di hadapan pak Nani Wartabone,” Kata Marten saat memberikan sambutan pada upacara penghormatan.

Ia juga mengajak kepada seluruh pemuda yang ada di Gorontalo untuk selalu mengenang jasa para Pahlawan yang telah menjadikan Gorontalo adalah daerah yang bebas dari para penjajah.

“Oleh karena itu mari kita mengenang, memperingati jasa beliau dengan menjiarahi makam Nani Wartabone yang telah berjuang memerdekakan kita, rakyat Gorontalo. Sebab sebelum Indonesia merdeka kita sudah merdeka terlebih dahulu sehingga hal ini bisa kita jadikan contoh khususnya bagi kaum milenial. Ia juga berjuang hanya demi Rakyat Gorontalo yang dilakukannya dengan sungguh dan tak mengharapkan apa-apa. Untuk itu, saya mengajak kepada semua Generasi muda mari sama-sama kita mendoakan Pahlawan kita Nani Wartabone,” ajaknya.

Lebih lanjut Ia juga menambahkan bahwa ada bantuan pemugaran makam yang nantinya akan di koordinir langsung oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia. Selebihnya Ia juga mengharapkan agar pemerintah mampu memberikan perhatian yang lebih untuk lokasi pemakaman Pahlawan Nasional Nani Wartabone

Sementara itu ketua KNPI (Komite Nasionalis Pemuda Indonesia) Nurhadi Taha yang juga Ketua Panitia penggagas kegiatan ini mengharapkan agar Generasi muda saat ini bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk menjadikan Gorontalo lebih baik lagi.

“Mari sama-sama kita berjuang seperti pak Nani Wartabone saat menjadikan Gorontalo merdeka. Hal ini kita bisa perlihatkan agenda-agenda positif kita untuk mengawal bangsa ini untuk lebih baik lagi,” Ujarnya.

Penulis : Efendi

Editor    : Zulkifli M.