Ipilo Sukses Padukan Lampu Botol Dan Lampu Hias Di Malam Tumbilotohe

60DTK – KOTA GORONTALO : Ribuan warga yang ingin menyaksikan meriahnya tumbilatohe tumpah ruah memadati Jalan Tribrata di Kelurahan Ipilo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo, Jumat (31/5/2019).

Tumbilatohe atau malam pasang lampu merupakan tradisi masyarakat Gorontalo yang dilaksanakan pada tiga malam terakhir Ramadan. Tradisi yang diperkirakan sudah berlangsung sejak abad ke-15 ini menggunakan lampu tradisional berupa botol bekas minuman berenergi yang beri minyak tanah dan sumbu. Seiring perkembangan zaman, penggunaan lampu hias listrik telah digunakan untuk menambah semarak tumbilatohe.

BACA JUGA : Mengintip Keindahan Tumbilotohe Di Boalemo

Seperti halnya di Jalan Tribrata tersebut, jutaan lampu hias listrik dipasang membentang pada tiang-tiang bambu dan tali yang didekorasi sedemikian rupa, sehingga memberi kesan jalan tersebut beratapkan lampu hias. Sedangkan di samping kanan dan kiri sepanjang ruas jalan itu dihiasi dengan lampu botol tradisional.

“Kegiatan ini sudah kami laksanakan sejak tahun 2017. Tujuannya untuk melestarikan budaya dan sekaligus menjadikan Kelurahan Ipilo sebagai destinasi wisata religi di Kota Gorontalo,” jelas Ketua Panitia Pelaksana, Abdul Wahab Rahim.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat mencanangkan tumbilatohe di lokasi tersebut mengapresiasi kreativitas dan semangat warga di Kelurahan Ipilo dalam menyemarakkan dan melestarikan tradisi Gorontalo.

BACA JUGA : Wagub Gorontalo : Kita Rayakan Idul Fitri Tahun Ini Dengan Sederhana

“Semangat dan kemandirian warga ini yang harus terus didorong untuk lestarinya warisan budaya Gorontalo,” tandasnya. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

QR Code

Comments are closed.