Mengintip Keindahan Tumbilotohe Di Boalemo

60DTK – Boalemo : Dipusatkan di obyek wisata Pantai Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, 1 juta lampu botol meriahkan tradisi tumbilotohe di Kabupaten Boalemo. Tradisi pasang lampu tradisional ini, akan berlangsung selama tiga malam terakhir Bulan Ramadan.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta istri Idah Syahidah dan sejumlah pimpinan OPD berkesempatan untuk hadir dan membuka pelaksanaan Festival Tombilatohe tersebut. Pembukaan ditandai dengan pemasangan lampu oleh Gubernur Rusli, Bupati Boalemo Darwis Moridu, Wabub Anas Jusuf serta pimpinan Forkopimda. Jum’at (31/5/2019).

“Tradisi ini dijaga terus oleh pemerintah daerah setiap tahun. Tahun ini untuk Boalemo dipusatkan di Pantai Bolihutuo. Kabupaten/kota lain dipusatkan di daerah masing-masing,” jelas Gubernur Rusli.

BACA JUGA : Wagub Gorontalo Kembali Dilantik Sebagai Konwil Alkhairaat Provinsi Gorontalo

Salah satu upaya yang dilakukan pemprov agar malam pasang lampu tetap terjaga yakni dengan membagikan minyak tanah secara cuma cuma ke kabupaten/kota. Tahun ini pemprov melalui Dinas Pariwisata membagikan 14.000 liter minyak tanah.

“Sekarang kan minyak tanah sudah langka, jadi setiap tahunnya kita siapkan dan disebar ke pemda, masjid-masjid dan sejumlah titik pelaksanaan tumbilatohe,” imbuh Rusli.

Sementara itu,  Bupati Boalemo Darwis Moridu optimis jika Boalemo akan menjadi pemenang Festival Tumbilatohe tahun 2019. Prestasi yang sudah diraih selama dua tahun terakhir.

“Insyaallah tahun ini bisa juara I lagi. Apalagi tahun ini disaksikan langsung oleh Pak Gubernur Rusli Habibie,” tuturnya.

BACA JUGA : Berkah Ramadan, Dua Program Pemprov Sambangi Warga Kota Timur

Selain 1 juta lampu yang dinyalakan oleh OPD, Pemkab Boalemo juga menyiapkan 200 Perahu Bagan dan perahu nelayan kecil yang ikut menyalakan lampu di bibir pantai. Hal itu menambah keunikan tumbilatohe di Boalemo. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

QR Code

Comments are closed.