Jaga Kelestarian Lingkungan, Pemkab Gorontalo Targetkan Penanaman Sejuta Pohon

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan yang mulai rusak akibat aktifitas manusia.

Kerusakan lingkungan ini dinilai banyak berdampak negatif, di antaranya memicu bencana alam berupa banjir dan tanah longsor.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, saat membubuhkan tanda tangan dukungan stakeholder terhadap pelestarian lingkungan, yang berlangsung di bawah Pakaya Tower Limboto, Jumat (11/06/2021). (Foto: Humas Kominfo Kabgor)

Wujud komitmen Pemkab Gorontalo tersebut dibuktikan dengan adanya deklarasi dukungan stakeholder terhadap pelestarian lingkungan yang berlangsung di Pakaya Tower Limboto, Jumat (11/06/2021).

expo

Baca juga: Selesai Ikut Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan, Nelson: Saya Dapat Banyak Masukan

Pada kesempatan itu, pemerintah dan unsur terkait membagikan bibit pohon pelindung kepada para pengendara yang lewat melintas.

“Karena ini masih serangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kita melaksanakan deklarasi, komitmen terhadap pelestarian lingkungan hidup,” beber Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo.

Bersamaan dengan deklarasi ini, Nelson mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki target penanaman satu juta pohon pada tahun 2021 ini. Agar hal ini terwujud, salah satu langkah yang dilakukan adalah meminta setiap ASN yang berulang tahun untuk menanam minimal 10 pohon.

Baca juga: Nelson Buka Peluang ASN Kuliah di UI dan Griffith University Australia

“Setiap hari ulang tahun ASN, tanam tanaman. Setiap orang 10 pohon, sehingga target satu juta itu mudah-mudahan tercapai tahun ini,” jelasnya.

Selain penanaman pohon, kata Nelson, pemerintah daerah setempat juga akan melakukan gerakan pembuatan 100 ribu sumur resapan. Tujuan gerakan itu juga tidak lepas dari upaya pelestarian lingkungan.

“Gerakan ini kita lakukan tahun ini, 100 ribu sumur resapan harus ada di setiap rumah masyarakat di Kabupaten Gorontalo,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles