Jalur Pendakian Gunung Rinjani Dibuka Hari Ini, Kuota Pendaki Dibatasi!

60DTK-NASIONAL – Setelah penantian panjang selama hampir 11 bulan, akhirnya pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) mengumumkan secara resmi melalui akun instagramnya, @gunungrinjani_nationalpark bahwa empat jalur pendakian Gunung Rinjani akan resmi dibuka hari ini, Jumat, 14 Juni 2019, yang berpusat di Kantor Camat Sembalun, Lombok Timur.

Karenanya, ada beberapa imbauan dan peraturan yang diungkapkan pihak Balai TNGR terkait pembukaan kembali jalur pendakian di gunung yang sering disebut Istana Para Pendaki ini.

Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Rinjani Akan Dibuka Esok!

Pertama, meski keempat jalur, yakni Jalur Sembalun, Senaru, Timbanuh, dan Aikberik, sudah resmi dibuka kembali untuk pendakian, namun pihak Balai TNGR hanya membatasi pendakian sampai di Pelawangan, berdasarkan pertimbangan keamanan dan kenyamanan. Artinya, setiap pendaki tak bisa sampai puncak, apalagi turun ke Danau Segara Anak.

Kedua, bagi yang ingin melakukan pendakian ke gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini, wajib melakukan registrasi online melalui aplikasi eRinjani yang dapat diunggah di Playstore, dan melalui website resminya, yakni di www.erinjani.id.
Registrasi ataupun booking tiket ini sudah dibuka sejak Kamis kemarin, 13 Juni 2019.

Adapun kuota untuk tiap – tiap jalur pendakian ini dibatasi masing – masing 150 orang untuk jalur Sembalun dan Senaru, dan 100 orang untuk jalur Timbanuh dan Aikberik.

Bagaimana? Tertarik menjejakkan kaki di puncak ke – 3 tertinggi Indonesia ini?

 

 

Pewarta : Nikhen Mokoginta

QR Code

Comments are closed.