Joko Widodo Tegaskan Vaksin Covid-19 Gratis untuk Masyarakat

60DTK, Nasional – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengumumkan bahwa pemerintah pusat akan menggratiskan vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) untuk masyarakat.

Joko Widodo menjelaskan, kebijakan tersebut diambil setelah pemerintah menerima berbagai masukan (aspirasi) dari masyarakat dan menghitung kembali keuangan negara.

“Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis,” jelas Jokowi, melalui tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

“Sekali lagi, gratis. Tidak dikenakan biaya sama sekali,” tegas Jokowi.

Baca Juga: Ombudsman RI Nilai Gorontalo Patuh Prokes Covid-19 Saat Pilkada

Berangkat dari keputusan ini, Jokowi menginstruksikan supaya seluruh jajaran pemerintah pusat baik Kementerian/Lembaga, bahkan pemerintah daerah, untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun 2021 mendatang.

“Saya juga memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk  memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini, sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” pintanya.

Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Indonesia di Musim Pandemi

Lebih lanjut, Jokowi juga mengaku bahwa dirinya akan menjadi orang pertama dilakukan vaksinasi, demi meyakinkan masyarakat diseluruh Indonesia bahwa vaksin covid-19 benar-benar aman.

“Saya juga mengingatkan masyarakat untuk terus berdisiplin menjalankan 3 M, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” tutupnya.

 

Pewarta: Andrianto S. Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles