Kepatuhan Prokes Tinggi, Kasus Covid-19 di Kabgor Terus Menurun

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Angka penularan kasus Covid-19 di Kabupaten Gorontalo hingga saat ini terus menunjukkan penurunan drastis. Dari hasil kajian tim Satgas, Effective Reproduction atau RE (angka penularan virus corona) di daerah tersebut dalam beberapa pekan terakhir sudah berada dibawah angka 1.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir, penurunan angka kasus Covid-19 itu dinilai tidak lepas dari kesadaran masyarakat atas kepatuhan penerapan protokol kesehatan (prokes), khususnya penggunaan masker. Ini juga adalah dampak dari upaya tim satgas yang terus mengimbau, mengedukasi, dan menyosialisasikan kepatuhan prokes oleh masyarakat.

“Kalau bicara Covid, dengan adanya Satgas penegakan Pergub tentang penegakan prokes, itu penularannya cenderung menurun. Itu karena apa?, kesadaran masyarakat mematuhi prokes sudah semakin tinggi,” kata Roni, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (03/11/2020).

Baca Juga: Mitran Tuna Minta Seluruh OPD Segera Rampungkan RKA Tahun 2021

expo

Dari hasil kajian Tim Satgas, tambah Roni, kepatuhan penggunaan masker oleh masyarakat Kabupaten Gorontalo sudah diangka 90 persen, dari sebelumnya hanya 60,2 persen.

“10 persen yang belum menggunakan masker ini, kebanyak ditemui di pasar. Selebihnya, baik dijalan umum dan lain-lain itu sebagian besar sudah menggunakan masker,” jelas Roni.

Baca Juga: Pemadaman Lampu Pakaya Tower Limboto Tidak Ada Hubungan Dengan Pilkada

Lebih jauh, Ia mengajak masyarakat terus mematuhi prokes selama pandemi covid-19 belum berakhir. Dengan begitu, penularan virus tersebut juga semakin terkendali.

“Saat ini yang dirawat hanya tinggal 25 orang, dari total kasus 886. Diantara jumlah kasus itu, 834 sudah dinyatakan sembuh dan 32 orang meninggal dunia,” tandasnya.

 

 

Pewarta: Andrianto S. Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles