Kepemimpinan Damai Bawa Angka Kemiskinan Boalemo Menurun

60DTK – BOALEMO : Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengapresiasi berbagai kemajuan yang telah diraih Pemerintah Kabupaten Boalemo di bawah kepemimpinan Bupati Darwis Moridu dan Wakil Bupati Anas Yusuf. Hal itu diungkapkannya pada peringatan dua tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati yang dikenal dengan slogan “Damai”, yang dirangkaikan dengan Gebyar Ketupat di Pantai Kota Ratu, Desa Tinelo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Rabu (12/6/2019).

“Berbagai kemajuan telah diraih oleh Boalemo melalui 14 program unggulan yang dilaksanakan oleh bapak bupati dan wakil bupati. Salah satunya menurunnya angka kemiskinan di daerah bertasbih ini,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

Saat pertama kali dilantik pada tahun 2017, kemiskinan Boalemo berada pada angka 21,82 persen. Angka tersebut turun menjadi 20,30 persen pada tahun 2018.

BACA JUGA : Tokoh Masyarakat Jaton Terima Kunjungan Wagub Pada Perayaan Ketupat

Untuk itu Idris berharap disisa tiga tahun kepemimpinan Damai, bupati bersama seluruh jajarannya untuk terus fokus melaksanakan 14 program unggulan yang telah berbukti mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Boalemo. Guna mencapai hal itu, Wagub mengingatkan pentingnya untuk membangun sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah.

“Saya sangat bergembira atas kemajuan Boalemo, karena sayalah sekretaris daerah pertama saat Boalemo dimekarkan pada tahun 1999,” ucap Idris.

Semenatara itu Bupati Darwis Moridu dalam sambutannya menjelaskan, selain mampu menurunkan angka kemiskinan, capaian keberhasilan yang diraih pemerintahannya antara lain yakni meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI terhadap pengelolaan keuangan daerah dua tahun secara berturut-turut. Di sektor pertanian, Kabupaten Boalemo menjadi kontributor utama dalam peningkatan produksi jagung Provinsi Gorontalo yang tercatat sebesar 590,90 ribu ton pada tahun 2018. Sedangkan untuk Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Pemkab Boalemo berhasil meraih penilaian dengan level maturitas tertinggi dari BPKP Provinsi Gorontalo dengan 3,557 poin.

BACA JUGA : Intip Kemeriahan Gebyar Ketupat Di Atinggola

Lebih lanjut pada kesempatan itu Bupati Darwis Moridu juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Gorontalo yang telah mengalokasikan berbagai program pembangunan di Kabupaten Boalemo.

“Selama ini bapak Gubernur Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim telah memberikan perhatian untuk Boalemo melalui berbagai program bantuan dan anggaran yang cukup besar. Untuk itu kami ucapkan terima kasih dan berharap agar perhatian itu dapat terus diberikan demi kesejahteraan masyarakat Boalemo,” tandasnya. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Comments are closed.