Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem Buka Simulasi Pemilu 2019

  • Whatsapp
Ketua KPPS TPS 50 (kiri), menyerahkan surat suara kepada pemilih pada simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Serentak 2019 di halaman Kantor KPU Kabupaten Gorontalo, Minggu (3/3/2019). (Foto : Haris – Humas)

60DTK – KABUPATEN GORONTALO : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di halaman Kantor KPU Kabupaten Gorontalo, Minggu (3/3/2019).

Suasana simulasi dibuat menyerupai hari pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, mulai dari bangunan dan perlengkapan Tempat Pemungutas Suara (TPS),  pengantaran logistik ke TPS, penerimaan saksi, pengambilan sumpah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh ketua KPPS, pembukaan kotak suara, hingga proses pencoblosan yang dilakukan oleh pemilih, serta proses penghitungan suara.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

BACA JUGA : Gubernur Gorontalo Janji Akan Bangun Kembali Rumah Korban Kebakaran Di TPI Tenda

“Simulasi ini menggambarkan apa yang terjadi di lapangan nanti saat proses pungut hitung yang merupakan puncak dari seluruh tahan penyelenggaraan Pemilu 2019,” kata Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem, saat membuka simulasi tersebut.

Fadliyanto mengutarakan, simulasi bertujuan untuk mengukur tingkat akurasi teknis yang didesain dengan regulasi yang ada, termasuk untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang perlu perbaiki dalam proses pemungutan dan penghitungan suara.

BACA JUGA : Pemprov Jadii Solusi Saat Nelayan Di TPI Tenda Sulit Cari Es Balok

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Hendrik Imran, menjelaskan bahwa simulasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada KPPS terkait beberapa perubahan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Misalnya terkait dengan pindah memilih dan surat suara yang didapatkan oleh yang pindah memilih, ini perlu penjelasan baik secara regulatif maupun visual kepada KPPS agar mereka paham apa yang harus mereka lakukan,” tandas Hendrik. (rls)

Penulis : Leo Pateda

Sumber :  Humas Gorontalo Prov

Pos terkait

Tinggalkan Balasan