Pemprov Jadi Solusi Saat Nelayan Di TPI Tenda Sulit Cari Es Balok

0

60DTK – KOTA GORONTALO : Kehadiran pabrik es merupakan suatu hal yang didambakan oleh nelayan dan penjual ikan di sekitar lokasi Pelabuhan Perikanan (PP) di Kelurahan Tenda, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo. Masalah es balok, nelayan setempat masih memasoknya dari Sulawesi Utara.

Kunjungan Gubernur Rusli bersama ibu Idah Syahidah serta sejumlah pimpinan OPD untuk melihat dari dekat kondisi kebakaran yang terjadi di TPI Tenda (berseblahan dengan PP Tenda). {ada kesem[patan yang sama, Gubernur Rusli juga membeberkan kepastian PP Tenda bakal memiliki pabrik es dan cool storage Minggu (03/03/2019).

BACA JUGA : Gubernur Gorontalo Janji Akan Bangun Kembali Rumah Korban Kebakaran Di TPI Tenda

“Saya juga berkunjung ke PP Tenda, ini sudah akan dibangun pabrik es dan cool storage untuk kebutuhan nelayan oleh PT Perikanan Nusantara, BUMN,” beber Rusli.

Branch Manager PT Perikanan Nusantara Cabang Gorontalo, Bachtiar Yanto menjelaskan, saat ini sedang dibangun Unit Processing (UP) ikan yang terdiri dari cool storage kapasitas 100 ton dan Air Blast Freezer (ABF) kapasitas 6 ton/hari.

BACA JUGA : Sambut Baik DKP Masyarakat Dunu Ikut Membersihkan Pantai

“Nanti untuk pabrik es dan tempat penampung es (ice storage) pembangunannya menyusul, tapi diupayakan tahun ini juga. Itu kapasitas pabrik esnya 30 ton dan ice storage 500 ton serta pembangunan kantor,” jelas Bachtiar.

Selain memproduksi dan menjual bongkahan es batu bagi nelayan, PT Perikanan Nusantara juga siap menampung ikan tangkapan hasil nelayan dengan harga bersaing. Pihaknya juga membeli hasil budidaya udang vaname untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor. (rls)

Penulis : Leo Pateda

Sumber : Humas Gorontalo Prov

Tinggalkan Balasan