Lombongo Mulai Dikembangkan Jadi Kawasan Agro-Eduwisata

  • Whatsapp
Sekdaprov Gorontalo, Darda Daraba, bersama pimpinan OPD terkait, saat meninjau pembangunan kolam alam air panas dan dingin di Objek Wisata Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (8/06/2021). (Foto: Nova, IKP)

60DTK, Gorontalo – Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo saat ini sedang mengembangkan Objek Wisata Lombongo menjadi kawasan agro-eduwisata.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifli Katili, usai mendampingi Sekdaprov Gorontalo, Darda Daraba, yang meninjau pekerjaan pembangunan kolam buatan di Objek Wisata Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (8/06/2021).

Bacaan Lainnya
Sekdaprov Gorontalo, Darda Daraba, bersama pimpinan OPD terkait, saat meninjau pembangunan kolam alam air panas dan dingin di Objek Wisata Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (8/06/2021). (Foto: Nova, IKP)

“Tahun ini kita akan kembangkan Lombongo dengan konsep agro-eduwisata yang memadukan wisata minat khusus dan edukasi,” beber Rifli.

Baca juga: PT IMA Akhiri Peminjaman Gudang Beku Milik Pemprov Gorontalo

Ia menjelaskan, dengan konsep agro-eduwisata ini, Objek Wisata Lombongo akan menyajikan suasana alam yang asri dan natural, serta pengembangan tanaman hortikultura. Diharapkan, melalui konsep ini para wisatawan dapat sekaligus belajar di tengah alam yang indah dan sejuk.

Guna mendukung konsep agro-eduwisata tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sejumlah fasilitas melalui dana APBD tahun anggaran 2021.

Fasilitas wisata yang saat ini dalam proses pembangunan di antaranya kolam air panas dan dingin dengan alokasi anggaran sebesar Rp100 juta, serta ada juga pembangunan pedestrian sebesar Rp150 juta.

Baca juga: Sekdaprov Gorontalo Tinjau Beberapa Pekerjaan Pembangunan Jalan

“Pembangunan sejumlah fasilitas itu bertujuan untuk mendukung Lombongo menjadi glamping atau glamour camping. Artinya, wisatawan dapat menikmati suasana Lombongo dengan melakukan camping dan kita akan siapkan tendanya dengan fasilitas seperti hotel berbintang,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekdaprov Gorontalo, Darda Daraba mengaku sangat mendukung program yang diusung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dalam pengembangan destinasi wisata di Gorontalo itu.

Ia berharap, Lombongo yang termasuk dalam delapan destinasi wisata unggulan di Gorontalo akan semakin diminati oleh wisatawan nusantara dan mancanegara.

“Pembangunan Lombongo ini merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk mewujudkan pariwisata yang lebih mendunia, yang merupakan salah satu program unggulan Bapak Gubernur, Rusli Habibie, dan Wagub Idris Rahim,” tandas Darda. (adv)

 

Sumber: Gorontaloprov.go.id

Pos terkait