Mahasiswa Komunikasi Petik Banyak Ilmu Di Humas Pemprov Gorontalo

0

60DTK – KOTA GORONTALO : Bagian Humas pada Biro Humas dan Protokol Pemprov Gorontalo menerima kunjungan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bertempat di Media Center Humas, Kamis (14/3/2019). Kunjungan itu sebagai bagian dari perkenalan mahasiswa jurusan Kehumasan dan Pemasaran terkiat dengan dunia kerja.

Mahasiswa diajak untuk mengenali bagaimana kerja-kerja humas pemda. Mulai dari proses peliputan kegiatan, pembuatan berita, penyediaan konten kreatif serta pengelolaan media sosial. Diharapkan mahasiswa dapat menjadi bagian dari pengelolaan informasi publik tersebut.

BACA JUGA : Diskominfotik Harap Mahasiswa Komunikasi Ikut Serta Kelola Informasi Publik

“Di era yang sering kita sebut “Industri Jari” sekarang ini, pengelolaan informasi menjadi penting. Tidak saja untuk menginformasikan dan mengedukasi masyarakat tetapi juga untuk menjadi penyeimbang informasi hoax yang beredar di masyarakat,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Wardoyo Pongoliu.

Salah satu peran humas, lanjut kata Wardoyo, untuk menjalankan fungsi penyebarluasan informasi publik. Informasi tentang program pembangunan, kegiatan kemasyarakat dan jalannya pemerintah di lingkungan pemerintah provinsi lebih khusus kegiatan pimpinan.

“Bagian humas mengadirkan informasi itu dalam beragam bentuk yakni melalui media online, media audio visual, radio melalui Suara Rakyat Hulondalo serta tabloid internal. Produk ini selanjutnya disebarluaskan juga oleh media online dan media massa yang ada,” Kabag Humas Yusnan Ahmad menambahkan.

BACA JUGA : Pemprov Tambah Mobil Operasional KPU Gorontalo

Di tempat yang sama, Kaprodi Ilmu Komunikasi Citra Dano Putri menyampaikan rasa terima kasih atas penerimaan Biro Humas dan Protokol. Menurutnya, Biro Humas selama dua tahun terakhir menjadi salah satu destinasi belajar lapangan mahasiswa komunikasi UNG.

“Karena kami melihat Biro Humas dan Protokol Pemprov Gorontalo sangat eksis dalam penyebaran informasi dan pelaksanaan tugas dan fungsi kehumasan. Mahasiswa diharapkan tidak saja tau dalam hal teori tapi juga bisa belajar langsung di lapangan,” ungkap Citra.

Kedepan, Citra berharap akan ada kerjasama antara Ilmu Komunikasi UNG dengan Biro Humas. UNG menyiapkan kader kader terbaiknya untuk mengisi kerja-kerja kehumasan di Pemprov Gorontalo.(rls)

 

Sumber : Humas Gorontalo Prov

Tinggalkan Balasan