Marten Taha Sebut Uji Kompetensi Wartawan Sangat Penting, Ini Alasannya

  • Whatsapp
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat memberi sambutan dalam kegiatan uji kompetensi wartawan (UKW) yang berlangsung di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Selasa (2/08/2022). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

60DTK, Kota Gorontalo – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha menyebut uji kompetensi bagi mereka yang berprofesi sebagai wartawan di Provinsi Gorontalo merupakan hal yang sangat penting, bahkan harus dilalui.

Sebab dengan ujian tersebut, kata Marten, para penguji dapat mengukur sudah sejauh mana kemampuan atau kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing jurnalis, sekaligus melahirkan jurnalis yang profesional dan berkualitas.

Bacaan Lainnya

“Uji kompetensi ini merupakan suatu proses yang harus dilalui seorang jurnalis untuk dilihat sejauh mana kemampuannya. Sudah menjadi kewajiban bagi seorang wartawan agar kompeten menyampaikan berita-berita. Karena dalam menyampaikan informasi, ada prosedur, mekanisme, dan tata caranya,” ujar Marten saat memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan UKW di Provinsi Gorontalo, Selasa (2/08/2022).

Menurut Marten, selain pandai dalam mencari, mengolah, dan menulis informasi, seorang wartawan harus bisa menerapkan kaidah-kaidah jurnalistik dengan baik. Lebih dari itu, mereka juga harus memahami kode etik profesi.

“Karena itu wartawan harus kompeten,” jelasnya.

Wali Kota Gorontalo dua periode itu melihat fungsi wartawan di era masa kini sangat penting dan strategis.

Urgensinya antara lain menjembatani informasi dari pemerintah kepada masyarakat, begitu pun sebaliknya. Tanpa wartawan, informasi tidak akan maksimal tersampaikan.

“Selamat kepada para peserta UKW. Semoga agenda ini melahirkan wartawan-wartawan profesional yang selalu memberitakan informasi dengan objektif,” tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang digelar oleh Dewan Pers bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) ini diikuti oleh sejumlah wartawan di Provinsi Gorontalo. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait