Marten Taha Tegaskan Pentingnya Penatausahaan dan Pengelolaan Keuangan Daerah

  • Whatsapp
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat membuka kegiatan bimbingan teknis penatausahaan keuangan daerah berbasis aplikasi SIPD, sesuai Permendagri Nomor 77 Tahun 2022, di Manado, Rabu (10/11/2021). (Foto: Istimewa)

60DTK, Manado – Sudah menjadi tekad Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo untuk melaksanakan pengelolaan keuangan yang sesuai dengan ketentuan yang ada.

Memang, salah satu unsur yang paling penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah adalah sistem atau cara pengelolaan keuangan daerah secara berdaya guna dan berhasil guna.

Bacaan Lainnya
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat membuka kegiatan bimbingan teknis penatausahaan keuangan daerah berbasis aplikasi SIPD, sesuai Permendagri Nomor 77 Tahun 2022, di Manado, Rabu (10/11/2021). (Foto: Istimewa)

“Untuk melaksanakan sistem pengelolaan keuangan daerah yang berdaya guna dan berhasil guna ini diperlukan dukungan sumber daya manusia yang memadai dan menguasai teknis penatausahaan keuangan,” ujar Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat membuka bimbingan teknis (bimtek) penatausahaan keuangan daerah berbasis aplikasi SIPD sesuai Permendagri Nomor 77 Tahun 2022, di Manado, Rabu (10/11/2021).

Pada dasarnya, kata Marten, tujuan pengelolaan keuangan daerah adalah keinginan untuk mengelola keuangan daerah secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab.

“Oleh karena itu, pengelolaan keuangan daerah perlu diselenggarakan secara profesional dan memenuhi prinsip pengelolaan keuangan daerah yang baik. Artinya, harus menganut prinsip akuntabilitas yang berorientasi pada hasil profesionalitas, proporsionalitas dan keterbukaan dalam pengelolaan keuangan daerah,” tegasnya.

Ia pun berharap dengan adanya bimbingan teknis ini, peningkatan kapasitas pemerintah yang secara konsisten memperkuat dan menyempurnakan pengelolaan keuangan daerah dalam meningkatkan pelayanan publik dan pengelolaan keuangan yang akuntabel, bisa terwujud.

“Saya berpesan kegiatan dengan sebaik-baiknya jangan sia-siakan bimtek ini, ambil semua yang diajarkan sebagai bekal kita agar bisa bermanfaat buat diri kita dan juga buat orang lain,” pungkasnya. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait