Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

60DTK-KESEHATAN: Di zaman modern saat ini, manusia selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Tatapan mata masyarakat zaman now seperti terikat dengan layar monitor dari segala bentuk baik layar tv, monitor komputer maupun gadget.

Namun, hanya sedikit orang yang sadar akan bahaya mata jika sering berhadapan dengan monitor. Tak hanya mata, ini juga dapat mempengaruhi tingkat produktivitas manusia.

Dikutip dari dr. Nathan Bonilla-Warlord, seorang penyedia layananan kesehatan mata di Florida Amerika Serikat Jum’at (12/10/2018) dalam tulisannya, ia mengungkap beberapa tips menjaga mata dari bahaya monitor yang berlebihan.

  1. Menyesuaikan lingkungan

Jika memungkinkan, dianjurkan untuk menggunakan monitor yang berukuran besar. Selain itu, pastikan tempat duduk (kursi) yang digunakan sangat nyaman saat bekerja. Hal ini akan mengurangi tingkat kesulitan (stress) mata saat mencari sudut pandang pada monitor.

  1. Cahaya

Tak hanya cahaya monitor, pencahayaan ruangan yang digunakan bekerja juga harus diperhatikan. Cobalah untuk menggunakan tempat duduk dekat jendela, jika menggunakan lampu meja, pastikan menyinari meja yang digunakan bukan pada wajah.

  1. Sesuaikan sudut baca

Sesuaikan layar hingga melihatnya agak kebawah dan berjarak 24 sampai 28 inci atau 61 sampai 71 cm. Posisi tengah layar berada pada 4 sampai 6 inci atau 6 sampai 15 cm. Pastikan kecerahan dan kontras yang baik.

  1. Perbesar teks

Ini membantu mereka yang mempunyai masalah penglihatan. Dengan memperbesar ukuran teks pada layar bisa mengurangi tingkat kesulitan mata dalam memandang. Semua perangkat monitor mempunyai fitur untuk menampilkan ukuran teks sesuai keinginan.

  1. Berkedip dan sering istrahat

Gunakan aturan 20-20-20, artinya 20 menit, istrahat 20 detik, dan melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter. Selain itu, jangan abaikan untuk berkedip. Cara ini untuk mencuci mata secara alami menggunakan air mata. Jika menggunakan kaca mata, pastikan lensa kaca mata cocok digunakan untuk bekerja menggunakan monitor. (amr)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles