Nelson: Pancasila Adalah Pengikat Persatuan dan Roh Pembangunan

  • Whatsapp
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. (Foto: dok. 60dtk/Humas Kominfo Kabgor)

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Seluruh rakyat di wilayah Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila tiap tanggal 1 Juni. Momen ini pun turut diperingati oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo.

Menurut bupati dua periode tersebut, Pancasila merupakan pengikat persatuan rakyat Indonesia. Pasalnya, rakyat di negara ini memiliki banyak perbedaan mulai dari suku, agama, ras, hingga budaya. Belum lagi letak geografis wilayah NKRI yang dipisahkan oleh banyak pulau.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Wabup Gorontalo Harapkan Target Vaksinasi Lansia Capai 70 Persen

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. (Foto: dok. 60dtk/Humas Kominfo Kabgor)

“Pancasila ini adalah pengikat kita, bayangkan kalau tidak ada Pancasila. Kita bersuku-suku begitu banyak, beragama banyak, kemudian juga berpulau-pulau, jadi yang merekatkan kita adalah Pancasila,” ujar Nelson, Senin (31/05/2021).

Selain menjadi pengikat persatuan, Nelson juga melihat bahwa Pancasila adalah “roh pembangunan” daerah, bahkan negara. Hal itu, kata Nelson, bisa dilihat dari bunyi sila pertama sampai sila terakhir.

Baca juga: Pemkab Gorontalo Bahas Program Infrastruktur Dengan Bappenas

“Kemudian ini juga menjadi filosofi kita, itu yang penting. Karena dengan begitu, NKRI ini tetap satu, apalagi saat ini begitu banyak terpaan-terpaan dari luar,” pungkasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait