Nilai Investasi di Kabupaten Gorontalo Meningkat, Tahun ini Capai 3,2 Triliun

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, nilai investasi di Kabupaten Gorontalo dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Berdasarkan data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Gorontalo, pada pertengahan Tahun 2020 ini, investasi yang masuk sudah mencapai Rp. 3,294,084,185,595 triliun.

Jumlah nilai investasi tersebut merupakan total dari dua jenis investasi di Kabupaten Gorontalo, yakni Penananaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Baca Juga: Pemkab Gorontalo Gratiskan Pemeriksaan Rapid Test

“Ini luar biasa. Karena tahun yang lalu (investasi yang masuk-red) hanya 1,8 triliun, tahun sebelumnya 1,9 triliun, dan tahun sebelumnya lagi 1,6 triliun,” ujar Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, usai melakukan kunjungan di Dinas PMPTSP Kabgor, Senin (06/07/2020).

Nelson, mengatakan, peningkatan investasi ini tidak lepas dari usaha yang dilakukan pemerintah daerah. Salah satunya mempermudah dan mempercepat proses pelayanan perizinan.

“Hari ini, upaya kita sudah mulai terlihat. Setiap tahun investasi kita terus meningkat,” kata Bupati Nelson.

Baca Juga: Sukses Salurkan BLT-DD Tahap I Dan II, Pemkab Gorontalo Pacu Tahap III

Nelson juga mengatakan, ada sejumlah alasan yang menjadi dasar bagi pihaknya terus mendorong peningkatan investasi di dalam daerah. Pertama, supaya pembangunan daerah tidak mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Kedua, membuka lapangan pekerjaan.

“Kalau lapangan pekerjaan terbuka, pengangguran dan kemiskinan turun. Saya berharap investasi khususnya tahun ini masih bisa meningkat lagi,” pungkasnya. (adv)

 

 

Pewarta: Andiranto Sanga