Sukses Salurkan BLT-DD Tahap I dan II, Pemkab Gorontalo Pacu Tahap III

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD) khusus tahap I dan II di Kabupaten Gorontalo, dipastikan telah selesai 100 persen.

Besaran anggaran BLT pada tahap I yang di kucurkan oleh 205 desa dan kelurahan senilai Rp.15 Milyar. Sementara pada tahap II, dana yang dianggarkan sebesar Rp.14 Milyar.

“Untuk tahap pertama dan kedua, BLT Dana Desa sudah tersalurkan. Tahap pertama itu alokasi anggarannya┬á sebesar Rp.15 milyar dan sudah selesai semua. Untuk tahap kedua Rp.14 milyar,” ujar Kepala Dinas PMD, Nawir Tondako, saat mengikuti rapat kerja dengan Bupati Gorontalo, Kamis (02/07/2020).

Baca Juga: Pulihkan Ekonomi, Nelson Pomalingo Imbau ASN Beli Produk UMKM

Terkait total penerima BLT-DD di Kabupaten Gorontalo, kata Nawir, jumlahnya ada kurang lebih 25 ribu Kepala Keluarga (KK). Ia memastikan bahwa penerima BLT-DD tersebut telah memenuhi syarat dan ketentuan, salah satunya tidak menerima bantuan dari pemerintah pusat.

“Penyaluran BLT tahap pertama dan dua ini sengaja kita percepat, karena masyarakat sudah sangat membutuhkan. Apalagi dengan kondisi covid-19 saat ini. Selain itu, ini juga menjadi tugas dan tanggung jawab kami,” tambahnya.

Baca Juga: Tekad Nelson Jadikan Kabgor Mandiri Dari Segi Keuangan

Usai menerima informasi tersebut, Bupati Nelson Pomalingo meminta supaya Dinas PMD segera berkoordinasi dengan seluruh desa/kelurahan untuk segera menyelesaikan penyaluran BLT-DD tahap III.

“Kalau dapat, penyaluran tahap III bisa selesai bulan ini. Sehingga kita bisa langsung menyalurkan BLT-DD yang nilainya 300 ribu per bulan,” pungkasnya. (adv)

 

 

Pewarta: Andrianto Sanga