Menteri Desa PDTT Bakal Berkunjung ke Kabupaten Gorontalo

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi PDTT RI, Abdul Halim Iskandar, akan mengunjungi Dusun Tumba yang berada di Desa Tamaila Utara, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, pada 10 Agustus nanti.

Kedatangan Mendes PDTT tersebut tidak lain untuk melihat perkembangan pembangunan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Dusun Tumba, sekaligus meresmikan Program Inovasi Desa (PID).

Baca Juga: Banjir Melanda 3 Kecamatan Di Kabupaten Gorontalo

Staf Khusus Mendes PDTT, Dodik P Wijaya mengatakan, pemilihan Dusun Tumba ini dilandasi sejumlah faktor yang meliputi ketersediaan fasilitas seperti listrik dan jaringan, semangat masyarakat, potensi alam, serta inovasi masyarakat yang dinilai cukup baik.

“Kenapa Dusun Tumba?, kami melihat beberapa faktor. Di sana itu tidak ada signal. Untuk itu pak Menteri sudah meminta BAKTI untuk menanam signal secara permanen. Disana juga tidak ada listrik, dan sekarang di sudah ada Turbin Mikro Hydro. Faktor lain, hasil alamnya cukup banyak,” jelas Dodik di Aula Rudis Bupati Gorontalo, Kamis (06/08/2020).

Terkait dengan launching desa inovasi, Dodik menuturkan bahwa kegiatan itu akan di lakukan di dua tempat, yaitu di gedung BJ. Habibie yang ada di Jakarta, serta di Dusun Tumba. Kedatangan Mendes PDTT di Kabupaten Gorontalo ini juga nantinya akan di saksikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, melalui virtual.

Baca Juga: Sejumlah Pejabat Terkonfirmasi Covid-19, Nelson: Pemerintahan Tetap Berjalan

“Mudah-mudahan setelah kedatangan kami ini dapat memberikan perubahan signifikan dari Dusun Tumba,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Nelson Pomalingo, mengaku bahwa saat ini Pemkab Gorontalo sementara menyiapkan penyambutan kedatangan Mendes PDTT di Kabupaten Gorontalo.

“Tadi kita sudah melakukan pertemuan terknis dengan Staf Ahli pak Menteri, Direktur pusat, pihak UNG, camat bahkan kepala desa. Ini akan kita siapkan dengan baik walaupun hanya tersisa empat hari,” imbuh Nelson. (adv)

 

 

Pewarta: Andrianto Sanga