Banjir Melanda 3 Kecamatan di Kabupaten Gorontalo

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Curah hujan tinggi dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan terjadinya banjir bandang di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Gorontalo.

Laporan yang di terima oleh BPBD di daerah itu, setidaknya ada tiga Kecamatan yang mengalami banjir. Tiga wilayah tersebut yakni Kecamatan Bilato, Boliyohuto, dan Asparaga.

“Ada 3 kecamatan di Kabupaten Gorontalo yang terdampak banjir yaitu Asparaga, Bilato, dan Boalemo. Dari 3 kecamatan ini, warga yang terdampak ada lebih dari 3000 orang,” kata Kepala BPBD, Sumanti Maku, Selasa (04//08/2020).

Baca Juga: Sejumlah Pejabat Terkonfirmasi Covid-19, Nelson: Pemerintahan Tetap Berjalan

Menurut Sumanti, penyebab banjir yang terjadi kali ini masih sama seperti sebelumnya, yaitu diakibatkan oleh meluapnya air sungai yang melintasi tiga kecamatan tersebut.

Sumanti menambahkan, sejauh ini, pihaknya bersama TNI-Polri telah melakukan berbagai upaya penanganan. Mulai dari evakuasi warga yang terdampak banjir, pendirian posko pelayanan, hingga distribusi makanan siap saji.

Baca Juga: Dinas Kominfo Kabgor Tanggapi Isu Miring Terhadap Bupati Gorontalo

“Kalau kondisinya (banjir) belum surut atau mungkin bertambah parah, kami akan mendirikan dapur umum,” ujar Sumanti.

Lebih jauh, Ia menegaskan bahwa pemerintah Kabupaten Gorontalo akan selalu siaga bahkan akan hadir di tengah-tengah masyarakat setiap kali bencana terjadi. (adv)

 

 

Pewarta: Andrianto Sanga