Operasi Pasar, Cara Pemkot Gorontalo Stabilkan Harga Jelang Bulan Puasa

60DTK, Kota Gorontalo – Bulan suci Ramadhan kurang berapa hari lagi. Harga Barito (Bawang, Rica, Tomat)  di Kota Gorontalo masih terhitung tinggi. Berdasarkan pantauan awak media dilapangan, terhitung pertanggal hari ini, harga rica sudah mencapai Rp. 90 Ribu/Kg.

“Kalau rica depe harga 90 ribu satu kilo. Rica jaga nae turun harga. Baru-baru turun cuman sampe 80 ribu satu kilo,” ujar Nita salah pedagang di Pasar Sentral, Kota Gorontalo, Sabtu (3/4/2021).

Sedangkan untuk Bawang Bawang merah dari Rp. 30 Ribu naik menjadi Rp 35 Ribu satu Kg. Begitupun Tomat, yang hanya dijual Rp. 5000 kini sudah Rp 10.000 /Kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Gorontalo, Junaidi K Demak
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Gorontalo, Junaidi K Demak saat Diwawancara. (Foto: Hendra 60DTK)

Untuk mengatasi hal tersebut jelang Ramadhan, Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Kota Gorontalo, Junaidi K Demak menjelaskan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengundang pihak distributor untuk melakukan operasi pasar. Guna menstabilkan harga.

Baca Juga: Pemkot Gorontalo Terima Penghargaan Terbaik Pelanyan Publik

“Untuk menjaga ketersediaan pangan, satu Minggu sebelum Ramadhan kita akan mengundang distributor, untuk melakukan operasi pasar, untuk menstabilkan. Seandainya harga itu sudah tidak bisa dijangkau lagi,” ungkap Junaidi saat diwawancara awak media.

Ia juga mengatakan, di Kota Gorontalo sendiri untuk bahan pangan masih aman, dari segi harga pun masih lebih baik, dibandingkan dengan Sulawesi Utara. Dimana harga rica sudah mencapai Rp. 100 ribu satu Kg. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles