Pemkab Bonebol Kolaborasi Dengan BPS Untuk Sukseskan Susenas

  • Whatsapp
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bone Bolango, Suparno saat diwawancarai awak media, Kamis (24/02/2022). (Foto: Rita)

60DTK, Bone Bolango  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik Bone Bolango dalam rangka menyukseskan survei sosial ekonomi nasional (susenas). Survei ini memang merupakan survei yang dilakukan setiap tahun khusus untuk mengukur ekonomi masyarakat.

Adapun data yang dikumpulkan dalam susenas ini antara lain menyangkut data kemiskinan, pendidikan, kesehatan, sosial ekonomi, ketenagakerjaan, keluarga berencana, perumahan, perjalanan, kriminalitas, dan kondisi sosial ekonomi.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Pusat Statistik Bone Bolango, Suparno mengatakan, susenas di wilayah Bone Bolango akan dilakukan mulai Maret mendatang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bone Bolango, Suparno saat diwawancarai awak media, Kamis (24/02/2022). (Foto: Rita)

“Susenas ini nanti surveinya random, ya, kita ada sekitar 57 blok sensus itu wilayah surveinya kita merupakan kumpulan suatu wilayah yang terdiri 80 sampai 120 rumah tangga,” ungkap Suparno, Kamis (24/02/2022).

Suparno juga menjelaskan bahwa survei dan sensus itu berbeda. Sensus merupakan pendataan semua populasi, individu, maupun subjek, sedangkan survei itu dipilih secara random (acak). Ada teknik statistik yang digunakan untuk memperoleh rumah tangga mana yang akan menjadi sampelnya.

“Data mengenai keadaan sosial ekonomi dibutuhkan untuk memberikan gambaran pencapaian pembangunan dan juga dapat digunakan oleh para pengambil kebijakan untuk mengevaluasi program-program pembangunan,” jelas Suparno.

Sementara itu, Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli menjelaskan, Pemkab Bone Bolango akan melakukan kolaborasi bersama BPS Bone Bolango, guna menyukseskan susenas.

“Kami hendak konfirmasi kedatangan timnya kapan, dan itu akan kita sama-sama kawal. Jadi kita kolaborasi antara pemerintah daerah dan Badan Pusat Statistik dengan harapan mereka turun ini kita turut membantu sehingga mereka sukses untuk melakukan susenas di Bone Bolango,” ujar Merlan. (adv)

 

Pewarta: Desy Rahmawati

Pos terkait