Pemkab Gorontalo Komitmen Perbaiki Jalan Menuju Dusun Tumba

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Sudah bertahun-tahun, akses jalan masih jadi masalah yang di hadapi 128 Kepala Keluarga yang tinggal di Dusun Tumba, salah satu wilayah terpencil di Desa Tamaila Utara, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo.

Kondisi jalan tanah, membuat masyarakat cukup kesulitan untuk melakukan aktivitas. Bahkan saat musim hujan tiba, kondisi jalan menjadi sangat sulit dilewati kendaraan bermotor.

Padahal, satu-satu alat transportasi yang bisa mempercepat perjalanan menuju wilayah itu hanya dengan menggunakan motor. Sebab, wilayah ini memiliki jarak 14 Km dari pusat pemerintahan desa, tidak jauh dari kaki gunung Boliyohuto.

Baca Juga: Menteri Desa PDTT Bakal Berkunjung Ke Kabupaten Gorontalo

Akan tetapi, tidak semua masyarakat di wilayah itu memiliki motor pribadi. Sebagian besar dari mereka sering kali hanya menggunakan jasa tukang ojek, tidak terkecuali untuk mengangkut hasil pertanian yang akan mereka pasarkan.

Melihat kondisi inilah, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengatakan, Pemkab Gorontalo akan berupaya memperbaiki akses jalan menuju Dusun Tumba itu di waktu yang akan datang.

“Memang, tantangan (masyarakat-red) di desa ini adalah jalan. Oleh karena itu, kami pemerintah daerah akan mendorong jalan ini bisa selesai dengan baik,” ujar Nelson saat mengunjungi Dusun Tumba, Senin (10/8/2020).

Baca Juga: Pemkab Gorontalo Berencana Tambah Anggaran Pilkada Pada APBD-P

Nelson mengatakan, sejak menjabat Bupati Gorontalo pada 2016 lalu, Ia memang baru fokus mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), supaya potensi alam dan hasil pertanian di wilayah itu terkelola dengan baik.

“Sekarang masyarakat disini sudah berinovasi, bersama UNG mereka mengembangkan pembangkit listrik. Di sini juga potensi pertanian cukup besar. Semoga di waktu yang akan datang kami kerja sama dengan PUPR, bisa bangun jalan disini,” tegasnya kembali menutup wawancara. (adv)

 

 

 

Pewarta: Andrianto Sanga