Selain Menyegarkan, Ini Ragam Manfaat Es Tebu Bagi Tubuh

60DTK, Editorial – Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa bahan dasar pembuatan gula, bisa dikonsumsi sebagai pelepas dahaga di hari yang terik.

Ya, itulah tebu. Salah satu bahan dasar pembuatan gula, yang ternyata banyak manfaatnya. Selain mampu menjadi pelepas dahaga, tebu juga memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam satu batang tebu, terkandung berbagai nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral.

Baca juga: Salahnya Pengelolaan Limbah Medis Covid-19, Jadi Ancaman Baru Di Masyarakat

Selain itu, air tebu juga mengandung vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Bahkan, tebu memiliki indeks glikemik yang tergolong rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes (gula). Tak heran, air perasan tebu kerap dijual banyak pedagang.

Meski begitu, ternyata tidak semua tebu bisa dikonsumsi. Hanya tebu hijau-lah yang dapat dikonsumsi dan diperjualbelikan. Hal itu karena jenis tebu ini tidak memiliki tekstur kulit yang keras seperti tebu pada umumnya, dan dipastikan jika tebu hijau lebih memiliki kandungan air yang banyak dari jenis tebu lain.

Baca juga: Kisah Bawang Merah Dan Bawang Putih: Serupa Tapi Tak Sama

Beberapa manfaat mengonsumsi tebu bagi tubuh manusia di antaranya adalah, tebu mampu meningkatkan energi dengan cepat; mencegah bau mulut dan kerusakan gigi; menjaga kesehatan organ hati; melancarkan pencernaan; serta mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Demikianlah lima manfaat tebu bagi tubuh. Jika Anda melancong ke Madiun, pasti Anda bisa menemukan para pedagang yang menjual es tebu di sepanjang jalan. Harga rata-rata per satu gelasnya pun cukup murah, yakni antara Rp3 ribu hingga Rp5 ribu.

 

Pewarta: Puguh Setiawan