Pemkab Pohuwato Gandeng Bank SulutGo Untuk Salurkan Dana BOS dan BOP

  • Whatsapp
Pemkab Pohuwato Gandeng Bank SulutGo Untuk Salurkan Dana BOS dan BOP
Penandatanganan kerja sama antara Pemkab Pohuwato dan PT Bank SulutGo Sulawesi Utara, Selasa (25/01/2022). (Foto: Humas Pemkab Pohuwato)

60DTK, Pohuwato – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (SulutGo) terkait penyaluran dana bantuan oprasional sekolah (BOS) dan dana bantuan operasional pendidikan (BOP) serta pelaksanaan transaksi nontunai.

Penandatanganan perjanjian kerja sama itu dilakukan oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dan Direktur Pemasaran PT Bank Pembangunan Daerah SulutGo, Machmud Turuis di Kantor Pusat Bank SulutGo Manado, Sulawesi Utara, Selasa (25/1/2022).

Bacaan Lainnya

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga menjelaskan bahwa dana BOS dan BOP adalah bantuan yang diberikan pemerintah untuk mendukung operasional penyelenggaraan sekolah yang bertujuan untuk memperluas pelayanan akses pendidikan agar para siswa dapat mengikuti pembelajaran secara optimal.

Penandatanganan kerja sama antara Pemkab Pohuwato dan PT Bank SulutGo Sulawesi Utara, Selasa (25/01/2022). (Foto: Humas Pemkab Pohuwato)

“BOS dan BOP merupakan pendanaan pendidikan yang termasuk dana DAK nonfisik yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, di mana penyalurannya langsung ke rekening sekolah,” jelas Saipul.

Hal ini bertujuan agar bentuk penyaluran anggaran BOS dan BOP dapat lebih efektif, serta sekolah tidak lagi mengalami kendala dalam pencairan yang diakibatkan oleh kesalahan data dan rekening sekolah.

“Maka Kemdikbudristek melalui Persesjen Nomor 19 Tahun 2021 menginstruksikan agara rekening sekolah harus menggunakan rekening kas umum daerah. Mengapa demikian? Karena hal ini juga sudah sesuai dengan pengelolaan BOS atau BOP di daerah sebagaimana yang diatur dalam Permendagri Nomor 24 Tahun 2020,” bebernya.

Terakhir Ia menambahkan bahwa pemberian bantuan pendidikan baik berupa BOS, BOP, maupun bantuan lainnya ini diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan.

“Sehingga kita bisa mencerminkan Kabupaten Pohuwato sebagai daerah yang berstatus WTP dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah,” tutup Saipul.

Di tempat yang sama, Direktur Pemasaran PT Bank SulutGo, Machmud Turuis menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Pohuwato.

“Mudah-mudahan pertemuan kita pada hari ini bisa memberikan dampak positif untuk kita semua. Kerja sama ini tidak berhenti sampai di sini, semoga bisa berkelanjutan ke depannya. Bukan saja dari sisi pelaksanaan BOS, melainkan banyak hal-hal yang lain yang perlu dikembangkan di masa mendatang,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir pula Kadis Pendidikan Pohuwato, Ikbar A. T. Salam, dan Pimpinan Bank SulutGo Cabang Marisa, Hasan Hamid.

 

Pewarta: Efendi Hasan

Pos terkait