Pemkot Gorontalo Beri Perhatian Kepada Pelaku Ekraf Lewat Pagelaran Karya Seni

60DTK, Kota Gorontalo – Dalam rangka membangkitkan kembali pelaku usaha ekonomi kreatif (Ekraf) di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo membuat satu wadah dengan menggelar Pagelaran Hasil Karya Seni, yang disiarkan langsung lewat akun resmi Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Pelatihan Kota, Jumat  (20/11/2020).

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Pelatihan Kota Gorontalo, Effenfy S.J Rauf mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Pemkot terhadap pelaku usaha ekonomi kreatif. Menurutnya, selama pandemi ini para pelaku usaha ini tidak mempunyai wadah lagi.

“Di masa pandemi tentu pendapatan mereka (Pelaku usaha ekonomi kreatif) melemah, tidak punya kesempatan untuk menggelar hasil karya mereka, melakukan pementasan. Nah, inilah yang dibantu Pemerintah Kota agar bisa tetap bertahan dan eksis walaupun dimasa pandemic,” jelas Effendy saat diwawancara awak media.

Baca Juga: Genjot Pertanian Di Masa Pandemi, Pemkot Gorontalo Berikan Bantuan Kepada Petani

“Mereka diberikan satu wadah dengan menggelar pagelaran yang disiarkan secara langsung difanpage Dinas Pariwisata. Saat ini yang ada dengan kita itu ada 17 pelaku usaha ekonomi kreatif, hanya karena pandemi hanya ada beberapa yang kita undang untuk melakukan pegelaran,” lanjutnya.

Ia mengatakan mereka pelaku usaha yang mengikuti pagelaran ini terdiri dari seniman pelukis, seniman sablon, dan sanggar seni. Nantinya, mereka ini diberikan kesempatan untuk menampilkan hasil karya mereka kepada masyarakat melalui virtual.

“Para seniman ini kita undang untuk menggelar apa yang bisa mereka lakukan seperti yang kita lihat sekarang, pelukis yang sedang melukis, yang sementara buat kaos sablon, dan ini semua adalah konsep Kota Tua,”

Ia juga sangat berharap, pandemi Covid-19 akan segera berlaku. Sehingga mereka pelaku usaha dapat melanjutkan aktivitasnya untuk berkarya, sehingga perekonomian bisa bangkit lagi.

“Jadi harapannya, mudah-mudahan di masa-masa yang akan datang dimana pandemi ini sudah berakhir, sehingga para pelaku usaha ekonomi kreatif bisa aktif lagi, bangkit lagi,” imbuhnya.

Baca Juga: Sukses Terapkan PAK, Pemkot Gorontalo Dapat Dukungan Dari KPK

Sementara itu, Seniman Seni Lukis Fandy Rais, menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Kota yang telah memberikan dirinya dan teman seniman lainnya dalam mengekspresikan karyanya. Kata dia, selama pandemi ini sangat sulit untuk mencari wadah seperti yang dilaksanakan Dinas Pariwisata.

“Untuk hari ini, kami ucapkan terima kasih banyak kepada Dinas Pariwisata, sudah peduli dengan kita, peduli dengan pekerja seni Gorontalo,” ucap Fandy kepada awak media.

 

 

Pewarta: Hendra Setiawan