Pemprov Gorontalo Akan Ikut Penanaman 1000 Pohon Buah Serentak se-Indonesia

  • Whatsapp
Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Gamaria Purnamawati Monoarfa saat rapat pembahasan persiapan penanaman 1000 pohon buah serentak se-Indonesia dengan dinas-dinas terkait. (Foto: Istimewa)

60DTK, Kota Gorontalo – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo bakal mengikuti penanaman 1000 pohon buah yang rencananya bakal digelar pada 1 Februari 2023 serentak se-Indonesia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Gorontalo, Sutrisno melalui Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Helly Mangundap mengatakan, pencanangan kegiatan ini akan dilakukan oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo; Wury Ma’ruf Amin, seluruh ibu OASE KIM, di Candi Borobudur.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Untuk pohon yang akan kami tanam di Gorontalo yaitu bibit pohon mangga arumanis dan mangga manalagi,” beber Helly, Rabu (25/01/2023).

Menurut Helly, jenis pohon buah yang akan ditanam ini harusnya sama dengan yang ditanam langsung oleh Ibu Negara dan Ibu OASE KIM, yakni pohon siwalan. Karena ketersediaan bibit pohon siwalan di Gorontalo masih kurang, pemerintah daerah memilih buah mangga.

“Dari pusat bisa mengirim bibitnya, tapi kalau kita menunggu kan waktunya cukup lama. Jadi dari Dinas Pertanian sudah menyediakan buah mangga. Ada sekitar 100 pohon yang telah disediakan,” jelasnya.

Mengenai lokasi penanaman, kata Helly, kantor Sekretariat TP PKK Provinsi Gorontalo dipilih menjadi lokasi utama saat pencanangan.

“Di perkantoran juga akan ditanam, ada juga di masyarakat, karena kami akan melibatkan masyarakat,” pungkasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait