Pemprov Gorontalo Kunjungi Keluarga Awak Nanggala 402 di Pohuwato

60DTK, Gorontalo – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mengunjungi keluarga salah satu awak Kapal Selam Nanggala 402 di di Desa Sari Murni, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, Sabtu (8/05/2021)

Rumah tersebut milik Perwira Menengah TNI AL, Kapten Laut I Gede Kartika, yang kemarin gugur saat sedang menjalankan tugas negara bersama awak kapal lainnya, di Kapal Selam Nanggala 402.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie (kemeja putih), bersama Kapolda dan Danrem, saat melihat foto Almarhum Kapten Laut I Gede Kartika, salah satu awak Kapal Selam KRI Nanggala 402, Sabtu (8/05/2021). (Foto: Humas Pemprov)

Kunjungan Rusli bersama Kapolda Gorontalo, Irjenpol Akhmad Wiyagus; Danrem 133/NWB, Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito; dan Danlanal, Letkol Laut (P) Homa Sugama itu pun diterima langsung oleh adik almarhum, I Made Yuniati.

expo

Baca juga: Wagub Gorontalo Apresiasi Prestasi Kapolsek Tapa Sang Juara Dai Polri 2021

Saat mendatangi rumah tersebut, Rusli menyaksikan suasana duka masih menyelimuti keluarga yang ditinggal lulusan terbaik II Akademi AL tahun 2010 itu. Mereka masih tidak menyangka kakak tertua yang menjadi tulang punggung keluarga itu sudah pergi untuk selama-lamanya.

“Terakhir kakak ke sini bulan Januari, masih sempat meresmikan Pura yang beliau bangun dengan uang sendiri,” ujar adik almarhum, I Made Yuniati.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, atas nama pribadi, pemerintah, dan masyarakat pun menyampaikan duka cita yang mendalam. Rusli mengaku bangga ada putra Gorontalo yang sudah mengabdikan diri pada negara hingga akhir hayatnya.

Baca juga: Niat Kurangi Korupsi, Pemerintah Pusat Buat Aplikasi Transaksi Belanja Khusus Pemda

“Kami semua sangat berduka dan merasa kehilangan. Almarhum semasa hidup berprestasi dan membanggakan kita semua,” ujar Rusli.

Diketahui, Kapten Laut I Gede Kartika merupakan putra pertama dari tiga bersaudara, dari pasangan Nengah Renes dan Ni Wayan Sudami asal Bali, yang bertransmigrasi tahun 1988 ke Pohuwato. Gede Kartika lahir dan menyelesaikan studi SMA di Gorontalo sebelum masuk Akmil tahun 2006.

Sebelum kepergiannya untuk selama-lamanya, Kapten Laut I Gede Kartika tengah menjabat sebagai Kepala Departemen Operasi Pelayaran Kapal Selam KRI Nanggala 402. Setelah dinyatakan gugur, pangkatnya dinaikkan satu tingkat menjadi Mayor Laut Anumerta. (adv)

 

Sumber: Gorontaloprov.go.id

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles