Pemprov Gorontalo Perketat Antisipasi Penularan Covid-19 Varian Omicron

  • Whatsapp
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie saat memberikan contoh patuh atas protokol kesehatan dengan melakukan swab PCR di Bandara Jalaluddin Gorontalo, Kamis (6/01/2022). (Foto: Hendra 60dtk)

60DTK, Gorontalo – Usai peringatan Natal dan tahun baru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dengan tegas melakukan antisipasi penyebaran covid-19 varian omicron.

Hal ini terbukti ketika Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie melakukan peninjauan langsung ke Bandar Udara Jalaluddin Gorontalo, Kamis (6/01/2022).

Bacaan Lainnya

“Melewati Natal dan tahun baru, kita mulai aktif lagi menjaring masyarakat yang datang maupun keluar Gorontalo, termasuk juga petugas di lapangan. Karena terkonfirmasi juga di Cengkareng lumayan juga petugas bandara itu terkonfirmasi covid-19 omicron,” ungkap Rusli usai peninjauan.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie saat diwawancara usai melakukan peninjauan penegakan protokol kesehatan di Bandar Udara Jalaluddin Gorontalo, Kamis (6/01/2022). (Foto: Hendra 60dtk)

Karena pencegahan penularan covid-19 varian omicron ini harus betul-betul diseriusi oleh pemerintah daerah, maka Ia meminta agar pemeriksaan di bandara dapat diperketat.

“Dari masuk bandara kita harus pakai aplikasi peduli lindungi. Semua kebijakan ini sudah ada payung hukumnya, sudah ada regulasinya, di mana turunan dari instruksi Mendagri,” tegas Rusli.

Sementara itu, Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan peralatan kesehatan yang lengkap, apabila terjadi lonjakan kasus.

Baca juga: Pemerintah dan Masyarakat Gorontalo Diminta Tak Panik dengan Covid-19 Varian Omicron

“Tentunya sarana prasarana, mulai dari rumah sakit, tempat tidur, begitupun dengan oksigen. Kalaupun oksigen tidak mencukupi, kita sudah koordinasikan dengan Jakarta, Makasar, dan Manado, mereka siap membantu,” jelas Yana. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait