Pemrov Gorontalo Usulkan Dana Perbaikan Tanggul di Bonbol Ke Pemerintah Pusat

  • Whatsapp
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, saat menyerahkan bantuan bagi para korban banjir di Desa Tolomato, Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango, Senin (22/06/2020). (Foto - Salman, Humas)

60DTK, Gorontalo – Merasa prihatin terhadap kondisi masyarakat di Bone Bolango yang terdampak banjir akibat ambruknya tanggul, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo segera melakukan pengusulan dana kepada Pemerintah Pusat untuk perbaikan tanggul tersebut.

“Ternyata memang sangat parah akibat banjir ini yang mengancam berapa banyak rumah di sekitar sini. Ini harus segera dibuatkan perencanaan dan harus diusulkan untuk mendapatkan dana dari pusat, karena kalau mengandalkan dana daerah tidak akan cukup,” ungkap Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, saat melakukan peninjauan di Desa Lompotoo, Kecamatan Suwawa Tengah, Senin (22/06/2020).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Ibu Hamil Dan Balita Terdampak Banjir Terima Bantuan Dari Pemprov Gorontalo

Di lokasi itu sebenarnya telah dibangun tanggul sepanjang 500 meter oleh BPBD Kabupaten Bone Bolango. Namun, keberadaan tanggul tersebut tidak mampu menahan terjangan banjir.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo, Handoyo Sugiharto menjelaskan, pihaknya sudah mendapat instruksi dari Gubernur Gorontalo untuk memetakan ulang, serta melihat profil dan kondisi sungai untuk membuat perencanaan yang matang.

Baca juga: Terkait Perbaikan Rumah Warga Dan Tanggul Akibat Banjir, Begini Penjelasan Rusli

“Sesuai perintah Pak Gubernur, mulai besok kita akan bersama-sama dengan Balai Wilayah Sungai untuk melakukan pemetaan kembali. Masalahnya di sini adalah aliran airnya sering berubah-ubah, makanya mau dibuatkan perencanaan yang matang,” jelas Handoyo.

Terlepas dari itu, diketahui setelah meninjau tanggul ambruk tersebut, Rusli segera menuju ke Desa Tolamato untuk membagikan baju layak pakai, perlengkapan mandi, tikar, serta selimut bagi warga korban banjir. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait