Hati-hati, Penipuan Berkedok Pihak Distan Terjadi di Kabupaten Gorontalo

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Sejak beberapa hari terakhir, sejumlah kelompok tani di Kabupaten Gorontalo kerap mendapat telepon dari orang yang mengaku dari Dinas Pertanian daerah setempat.

Melalui sambungan telepon, oknum tersebut menginformasikan bahwa beberapa kelompok tani ini akan mendapatkan dana hibah berupa sejumlah uang tunai. Untuk itu, mereka diminta segera menyiapkan berbagai administrasi, di antaranya nomor rekening, KTP, serta dokumen lainnya yang kemudian diantar ke Kantor Dinas Pertanian.

Baca juga: Lewat Rakortek, Dinas Pertanian Sinergikan Program Kerja 2021

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo membantah hal tersebut. Ia bahkan menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menghubungi dan meminta kelompok tani untuk melengkapi administrasi tertentu agar mendapatkan dana hibah.

“Ini perlu klarifikasi. Saya tidak menyuruh seseorang atau salah seorang staf saya, atau saya, atau keluarga saya, untuk menelepon kelompok tani dan menyampaikan hal itu. Itu tidak benar,” tegas Rahmat saat ditemui di Kantor Dinas Pertanian, Kamis (20/02/2020).

Baca juga: Dinas Pertanian Kabgor Akan Salurkan Bantuan Benih Untuk Masyarakat Gagal Panen

Rahmat juga menuturkan, kalaupun ada jenis bantuan untuk kelompok tani, ada mekanisme yang jelas yang harus dilalui. Untuk bantuan dari pusat, mekanismenya melalui proposal. Jika bantuan dari APBD, harus melalui musyawarah dusun, musyawarah desa dan lainnya.

“Ini adalah penipuan. Ini dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kalau hanya bantuan, dari dulu Dinas Pertanian ini mekanismenya sangat jelas,” tegasnya kembali sambil menutup wawancara.

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Comments are closed.