Penjabat Gubernur Gorontalo Jalani Prosesi Adat Moloopu

  • Whatsapp
Penjabat Gubernur Gorontalo Jalani Prosesi Adat Moloopu
Prosesi Adat Moloopu untuk Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, di Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, Senin (16/5/2022). Foto: Salman.

60DTK.COM – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar Upacara Adat Moloopu untuk Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer di Rumah Jabatan, Senin (16/5/2022).

Adat Moloopu merupakan upacara penjemputan secara adat dari rumah kediaman pribadi ke rumah dinas jabatan (Yiladia).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Upacara ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan masyarakat dari negeri adat Uduluwo Lo U Limo Lopohalaa (Lima Negeri Adat).

Hamka Hendra Noer bersama istrinya menjalani beberapa prosesi adat. Prosesi adat beriringan dengan ajak atau pesan-pesan adat yang syarat makna.

Beberapa adat itu yakni mopolahe tou taeya (mempersilahkan turun dari kendaraan), mopodiyambango (mempersilahkan melangkah), mopotupalo (mempersilahkan masuk gapura adat).

Moloopu selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat, juga merupakan wujud pengakuan rakyat atas ketokohan dan kepemimpinan serta rasa syukur masyarakat adat kepada pemimpin maupun khalifahnya.

“Sejak kemarin kami di terima dengan baik. Saya bangga sekali adat-adat seperti ini mungkin tidak semua daerah ada. Adat gorontalo adalah salah satu harus dijaga dan terus dilestarikan” ujar Hamka.

“Saya ucapkan terimakasih kepada jajaran pemerintahan, pemangku adat, tokoh agama dan seluruh masyarakat telah menerima kami,” sambung Hamka usai Adat Moloopu.

Hamka menambahkan, Adat Moloopu selesai artinya tugas Pj gubernur telah dimulai. Ia berharap kepada semua pihak baik ASN Forkopimda untuk membantunya membangun Provinsi Gorontalo ke depan.

“Saya paham tidak bisa bekerja sendiri, harus bergandengan tangan, bahu-membahu. Jadi saya mohon tolong saya dibantu,  saya ingin betul-betul bekerja untuk pemprov dan untuk masyarakat Gorontalo,” imbuh Hamka. (ksm/rls)

Pos terkait