Penuhi Keluhan Pelanggan, Pemkot Berencana Menambah Instalasi Pengelolaan Air Bersih

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha Saat Ditemui Sejumlah Awak Media Usai Mengikuti Dialog Interaktif, di Studio Tri Prasetya, RRI Gorontalo, Senin (5/10/2020). Foto: Hendra 60DTK

60DTK, Kota Gorontalo – Kabar baik untuk pelanggan PDAM Kota Gorontalo. Sebab tahun depan, Pemerintah Kota Gorontalo menargetkan pada Tahun 2021 akan membangun Instalansi Pengelolaan Air (IPA) bersih. Sehingga permasalahan tengah dirasakan masyarakat dengan kekurangan air bersih akan teratasi.

“Paling lambat tahun 2021 kita meningkatkan Pemasokan air bersih dengan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang baru dengan kapasitas 150 liter/detik. Itu berada di Kelurahan Botu Pingge, tanahnya sudah siap, anggarannya juga sudah siap,” ungkap Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, kepada sejumlah awak media, usai mengikuti Dialog Interaktif RRI, Senin (05/10/2020).

Baca Juga: Marten Taha: Kita Tidak PSBB, Tapi Mari Kita Laksanakan Seperti PSBB

Ia menegaskan sebelumnya kota Gorontalo hanya mempunyai IPA dengan kapasitas 358 liter/detik. Sedangkan untuk dapat memenuhi kebutuhan penduduk sekitar 200 ribu orang membutuhkan kapasitas air 500 liter/detik.

“Maka dari sisi pertama kita harus meningkatkan kuantitas. Itu bisa terpenuhi apabila kita membangun instalasi pengolahan yang baru. Saat ini kekuatan PDAM kita masih 358 liter/detik. Jadi, idealnya untuk memenuhi kebutuhan 200 ribu lebih penduduk kota, itu minimal 500 liter/detik.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya pembangunan IPA yang baru tersebut, dapat menyelesaikan masalah yang saat ini sering dialami masyarakat Kota Gorontalo dalam pemenuhan air bersih. (adv)

Pewarta: Hendra Setiawan