Persidago Hentikan Langkah Persipura di Babak 32 Besar Piala Indonesia

0

60DTK – KABGOR: Secara mengejutkan, Tim Persidago Gorontalo berhasil memupus harapan Persipura Jayapura untuk melaju ke babak 16 besar dalam gelaran Piala Indonesia Tahun 2018 – 2019. Hasil itu di pastikan setelah tim Mutiara Hitam  hanya mampu menang dengan skor 2 – 1 pada leg kedua babak 32 besar yang berlangsung di Stadiun Mandala Jayapura. Jum’at, (8/2/2019).

Dua gol Persipura dalam pertandingan itu, di ciptakan oleh Boas Salossa pada menit 41, dan gol bunuh diri menit 85. Sementara gol persidago di cetak oleh Firman Pasi di menit 36.

Lolosnya tim penghuni Liga 3 tersebut, tidak lepas dari aturan agresivitas gol tandang. Sebelumnya, leg pertama yang berlangsung di Gelanggang 23 Januari 1942 pada (28/1), Persidago mampu menundukkan Persipura dengan skor akhir 1 – 0.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Persipura yang harus menang dengan marjin dua gol terus menggempur pertahanan persidago. Mereka berusaha untuk terus menguasai jalannnya pertandingan. Sebaliknya, Persidago yang berstatus sebagai tim tamu, bermain defensif sejak babak pertama. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan hasil positif yang telah di raih pada leg pertama.

Terus menyerang sejak peluit babak pertama di bunyikan, Persipura justru kebobolan lebih dulu di menit 36. Melalui skema serangan balik, tendangan melambung dari luar kotak penalti oleh Firman Pasi, mampu merobek jala Gawang persipura. Meskipun tendangannya tidak terlalu keras, namun tidak dapat di tepis oleh Fitrul Dwi Rustapa. Skor berubah menjadi 1 – 0 untuk keunggulan Persidago.

Sayangnya, gol itu tidak bertahan lama. Pada menit 40, Boas Salossa mampu membuat skor imbang 1 – 1. Mantan pemain Timnas itu berhasil memanfaatkan umpan silang yang tidak dapat di tepis dengan sempurna oleh penjaga gawang Persidago. Babak pertama di tutup dengan skor 1 – 1.

Di babak kedua, Persipura yang menurunkan beberapa pemain utama seperti Boas Salossa, Titus Bonai, bahkan Oh In Kyun yang baru saja menandatangani kontrak itu, terus menggempur pertahanan persidago.

Rapatnya barisan pertahanan Persidago akhirnya runtuh pada menit 85. Sepakan kaki kiri Boas Salossa melalui tendangan bebas, berbuah menjadi gol. Namun sebelum bola masuk ke dalam gawang, sempat mengenai kepala pemain Persidago.

Hingga perpanjangan waktu, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 2 – 1 untuk kemenangan Persipura bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Penulis : Andrianto S.

Editor  : Zulkifli M.

Tinggalkan Balasan