Pihak BNPB Kenalkan Alat Baru Tes Covid-19 Kepada Gubernur Gorontalo

  • Whatsapp
Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Prasinta Dewi (kanan), saat memperlihatkan alat antigen ichroma II kepada Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Selasa (5/01/2021). (Foto: Zakir, BPPG/Humas Pemprov)

60DTK, Gorontalo: Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, diperkenalkan dengan alat test covid-19 yang baru, yaitu alat antigen ichroma II, saat berkunjung ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Selasa (5/01/2021).

Alat ini mampu mendeteksi corona hanya dalam waktu singkat, yakni hanya dalam 15 menit. Jauh lebih baik dibanding dengan tes swab atau PCR yang biasa digunakan sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Vaksin Covid-19 Untuk Gorontalo Akan Dikirim Sekaligus 9.760 Dosis

Diketahui, alat tes ichroma II covid-19 antigen ini dapat mendeteksi antigen virus sars-cov-2 pada sampel swab nasofaring dengan hasil pembacaan kualitatif. Produk ini memiliki sensitivitas dan spesifisitas tinggi untuk screening pasien akut dengan gejala ringan maupun asimptomatik.

Alat tes yang baru tersebut diperkenalkan oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Prasinta Dewi, kepada Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, karena alat tes ini rencananya akan diberikan kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Baca juga: Presiden Serahkan 945 Sertifikat Tanah Untuk Provinsi Gorontalo

“Alhamdulillah, kita bisa dapat alat ini, terima kasih,” ujar Rusli saat melihat alat tersebut. (adv/rls)

 

Sumber: Humas Pemprov Gorontalo

Pos terkait