Posisi Tenis Meja Indonesia Di Dunia Internasional Masih Memprihatinkan

60DTK-NASIONAL – Tidak dapat dipungkiri, selama ini cabang olahraga Tenis Meja Indonesia tidak disorot sebagaimana cabang olahraga lainnya seperti Bulu Tangkis, Panjat Tebing, Pencak Silat, Karate, atau Sepak Bola. Hal ini tidak lepas dari raihan prestasi cabang olahraga Tenis Meja itu sendiri.

Beberapa cabang olahraga yang disebutkan sebelumnya, hampir selalu mempersembahkan medali dalam setiap gelaran turnamen Internasional. Berbeda dengan Tenis Meja yang hanya sesekali menunjukkan prestasi di tingkat nasional maupun Internasional.

Hal ini dibuktikan dengan data yang dikeluarkan oleh Federasi Tenis Meja Internasional atau International Table Tennis Federation (ITTF) pada Maret 2019. Berdasarkan data tersebut, Tenis Meja Indonesia dari kategori putri berada di peringkat 59 dengan perolehan poin sebanyak 126 poin. Sementara kategori putra berada di Posisi 75 dengan 144 poin.

Dengan begitu, dapat dikatakan peringkat Indonesia di cabang olahraga Tenis Meja masih sangat memprihatinkan.

Dikutip dari Kompas.com (27/3/2019), menurut pelatih Tenis Meja Indonesia, Haryono, prestasi Indonesia yang tidak mengalami perkembangan signifikan ini dikarenakan dua hal. Pertama, fasilitas pembinaan atlet Tenis Meja disetiap daerah masih kurang. Kedua, Tenis Meja tidak lebih daripada sekadar hobi dan bukan pembinaan. Hal ini berakibat pada semakin berkurangnya atlet Tenis Meja yang handal.

 

 

Penulis : Andrianto Sanga
Editor : Nikhen Mokoginta