Program Penurunan Stunting Gorontalo Sejalan Dengan Program Presiden

  • Whatsapp
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kedua kiri), berjabatan tangan dengan Mendagri Tito Karnavian pada Munas VI APPSI di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019). (Foto : Istimewa)

60DTK – GORONTALO – Sejumlah kepala daerah menghadiri Musyawarah Nasional ke VI Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) tahun 2019 yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).

Pada kesempatan itu, Wakil presiden meminta seluruh Gubernur bekerja keras untuk mensukseskan visi misi Presiden Joko Widodo. Ma’ruf mengutarakan lima program kerja prioritas pemerintahan selama lima tahun ke depan, yaitu pembangunan sumber daya manusia, pemangkasan kendala regulasi, transforasi ekonomi, pembangunan infrastruktur, serta penyederhanaan birokrasi.

Bacaan Lainnya

“Saya meminta para Gubernur selaku kepala daerah dapat menjalankan lima program prioritas tersebut dan memastikan agar dipahami dan didukung oleh seluruh jajaran pemda dan masyarakat di wilayah masing-masing,” ungkap Wapres dalam sambutannya

BACA JUGA : Lewat Idah Syahidah, Gorontalo Terus Dorong Gerakan Cegah Stunting

Salah satu poin yang diangkat oleh Wapres adalah menyangkut angka stunting yang masih tinggi. Wapres menargetkan angka stunting turun hingga 20 persen pada tahun 2024.

“Angka prefelensi stunting masih tinggi karena ada satu dari tiga balita mengalami stunting,” tutur Wapres.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim yang mewakili Gubernur Gorontalo pada kesempatan itu mengungkapkan, arahan wapres sejalan untuk menurunkan angka stunting sejalan dengan program pemprov Gorontalo.

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa upaya untuk menurunkan angka stunting di Gorontalo menjadi perhatian Pemprov Gorontalo saat ini. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Daerah tahun 2013, prefelensi stunting di Gorontalo sebesar 38,8 persen. Angka tersebut menurun pada tahun 2018 menjadi 32,5 persen.

BACA JUGA : Masalah Stunting Dan JKN Masih Jadi Pembahasan Di Peringatan HKN Ke-55

“Untuk menurunkan stunting ini berbagai program lintas sektor dilaksanakan oleh Pemprov Gorontalo. Jadi tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan, tetapi juga melibatkan dinas terkait lainnya. Seperti program pemberian bantuan ikan segar bagi ibu hamil dan balita kurang mampu yang ditunjang oleh Dinas Kelautan dan Perikanan,” jelas Wagub Idris Rahim saat dihubungan usai menghadiri pembukaan Munas ke VI APPSI. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Pos terkait