Rusli Habibie Ingatkan Warga Tidak Berkebun di Lereng Gunung

60DTK, Gorontalo – Bagi penerima bantuan benih jagung yang diberikan oleh pemerintah Provinsi Gorontalo, diingatkan untuk tidak menanam jagung dilereng gunung dengan kemiringan sudah di atas 15 derajat. Selain membahayakan petani,  juga menghindari hal tidak diinginkan berupa bencana alam.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, saat menyerahkan bantuan benih jagung kepada masyarakat di Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, Minggu (28/06/2020) mengingatkan, agar masyarakat mengindahkan larangan ini demi keselamatan bersama.

“Saya ingatkan kepada penerima bantuan benih untuk tidak menanam jagung di lereng yang kemiringannya sudah di atas 15 persen,” ujar Rusli.

Baca Juga: Pembuat Akun Palsu Gubernur Gorontalo Diburu Polisi

Rusli juga menjelaskan, larangan tersebut tidak lain merupakan upaya pelestarian alam yang menjadi salah satu program unggulan Pemprov Gorontalo yaitu lingkungan yang lebih lestari.

“Longsor dan banjir yang terjadi di mana-mana karena lereng gunung sudah habis ditanami jagung. Di lereng gunung itu tolong diganti dengan pohon keras seperti cengkeh dan pala atau tanaman keras lainnya, bibitnya kami siapkan,” jelasnya.

Baca Juga: Rusli Habibie Ingatkan Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Bersaing Secara Sehat

Ditempat yang sama, Gubernur, juga membagikan masker yang disumbangkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah.

Selain bantuan benih jagung, dan masker, pada kegiatan bakti sosial NKRI Peduli itu dibagikan secara simbolis bantuan bahan pokok bagi warga yang terdampak Covid-19. Bantuan bahan pangan pokok diberikan kepada 1.500 keluarga penerima manfaat yang tersebar di 15 desa se Kecamatan Tolangohula. (adv)

 

 

Pewarta: Hendra Setiawan