Satu Ekor Sapi Milik Presiden Jokowi Akan Dikorbankan di Gorontalo

60DTK – GORONTALO – Presiden Joko Widodo menyumbang satu ekor sapi kurban seberat 1.010 kg untuk masyarakat Gorontalo.

Sapi besar yang sehat ini jenis ras Brangus berumur empat tahun dan berwarna hitam. Warna hitam dan bertanduk kecil menjadi ciri fisik yang mudah dikenali jenis ras Brangus.

Ciri ini sebagai warisan  persilangan induknya, jenis sapi potong terkenal, sapi jantan jenis Aberden Angus (Bos taurus) dan sapi betina Brahman (Bos indicus).

BACA JUGA : Idah Syahidah Tantang Milenial Buat Kegiatan Untuk Lansia

“Kami kemarin mendampingi tim Sekretariat Kepresidenan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Agustina Kilapong, di ruang kerjanya, Kamis, (18/7/2019).

Kedatangan Tim Kepresidenan ini menurut Agustina, untuk melakukan pengecekan sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo yang akan disembelih pada Hari Raya Iduladha. Mereka memastikan kesehatan dan kesejahteraan sapi ini di desa Leboto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.

“Kami memastikan bahwa sapi bantuan Presiden Joko Widodo ini benar-benar sehat terpenuhi syarat-syarat kesehatan hewan maupun persyaratan sesuai syariat Islam,” ujar Agustina Kilapong.

BACA JUGA : APBD 2020 Pemprov Gorontalo Di Proyeksikan Naik Rp 50 Miliar

Sapi bantuan presiden ini pada sehari sebelum Hari Raya Idul Adha akan diantarkan ke pengurus mesjid Al-Mujahidin Desa Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo.

Dalam pemeriksaan ini tim kepresidenan melakukan  pemeriksaan jumlah gigi yang sudah tanggal, mengukur panjang badan, lingkar dada serta tinggi gumba sapi tersebut. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov