Sekda Provinsi Gorontalo Resmikan Gedung Baru SMAN 5 Gorut

60DTK – PEMPROV : Sebagai wujud perhatian pemerintah Provinsi Gorontalo, Sekretaris Daera Darda Daraba meresmikan gedung baru SMAN 5 Gorontalo Utara di Desa Mootinelo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (4/2/2019).

Dalam kesempatan itu Sekda menjelaskan, ini merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah dalam bidang pendidikan terutama untuk menunjang keamanan dan kenyamanan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

“Pembangunan gedung SMA 5 Gorut ini adalah wujud perhatian pemerintah Provinsi Gorontalo untuk keamanan dan kenyamanan siswa dalam proses pembelajaran,” jelas Darda.

Lebih lanjut Darda juga mengatakan, gedung tersebut merupakan relokasi dari gedung lama yang berada di Desa Molingkapoto Kwandang. Mengingat, kondisi awal dari bagunan lama tidak menunjang lagi untuk proses pembelajaran. Belum lagi, kondisi tanah yang sangat labil.

“Apalagi kondisi gedung sekolah yang lama, tidak aman lagi untuk kegiatan belajar mengajar,” lanjut Darda saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Pembenahan sarana dan prasarana pendidikan, merupakan komitmen pemerintah Provinsi Gorontalo di bawah pemerintahan Gubernur Rusli Habibie dan Wakli Gubernur Idris Rahim. Sehinga Darda berharap, dengan terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan di Provinsi Gorontalo mampu meningkatkan semangat belajar siswa.

“Harapanya, dengan terpenuhinya sarana dan prasaran pendidikan dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Sehingga visi pemerintah Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui sektor pendidikan yang lebih merata dan berkualitas bisa tercapai,” tutup Darda.

Gedung baru SMAN 5 Gorontalo Utara tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp 2,5 Miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Gorontalo tahun 2018. Tak hanya, pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Sekretari Daerah juga menyerahkan bantuan – bantuan sebagai penunjang saranan dan prasarana sekolah.

Adapun bantuan tersebut adalah; 9 unit komputer senilai Rp 90  Juta, 1 unit server senilai Rp 20 Juta, bantuan Laboratorium IPA senilai Rp 110 Juta, Meubelair 32 set senilai Rp 41,4 Juta dan buku tulis sebanyak 407 pak senilai Rp 15 Juta. Total keseluruhan bantuan yang diserahkan adalah sebesar Rp 2,7 Miliar. (rds)

Sumber : Humas Gorontalo Prov