Sektor UMKM dan Pariwisata Dapat Perhatian Khusus KPw BI Gorontalo

60DTK – GORONTALO – Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Gorontalo memiliki prospek yang sangat baik untuk dikembangkan. Hal itu diutarakan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Erwin Rijanto pada pengukuhan Kepala Perwakilan BI Gorontalo di Kantor Perwakilan BI Gorontalo, Jumat (27/9/2019).

“Untuk memajukan sektor UMKM di Gorontalo, Dewan Gubernur BI memandang Budi Widihartanto sebagai figur yang tepat untuk memimpin Kantor Perwakilan BI Gorontalo saat ini. Beliau sangat cocok memimpin BI Gorontalo karena beliau ini ahlinya dalam pengembangan UMKM,” kata Erwin Rijanto.

Erwin menegaskan, sebagai mitra strategis pemerintah daerah, KPw BI Gorontalo harus mampu berkontribusi secara positif dan optimal dalam pengembangan ekonomi dan keuangan daerah yang lebih baik. Selain pengembangan UMKM, Deputi Gubernur BI Bidang Stabilitas Sistem Keuangan tersebut juga meminta kepada jajaran KPw BI Gorontalo untuk mengembangkan pariwisata Gorontalo yang menurutnya memiliki potensi yang cukup besar.

BACA JUGA : Festival Karawo 2019 Akan Di Hadiri Menpar RI

“Potensi pariwisata Gorontalo yang sangat luar biasa. Ada Pulau Saronde, Pulau Cinta, dan Taman Laut Olele, serta yang paling istimewa adalah hiu pausnya. Tidak ada negara yang punya hiu paus seperti di Gorontalo, tidak terlalu jauh dari pantai bisa langsung berinteraksi dengan hiu paus, nilai jualnya sungguh luar biasa. Jika kita bisa mengembangkan UMKM yang dikaitkan dengan pariwisata, saya yakin Gorontalo bisa menjadi provinsi andalan di Indonesia,” ujar Erwin Rijanto.

Sejalan dengan hal itu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim berharap pergantian tampuk pimpinan di KPw BI Gorontalo dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi di Provinsi Gorontalo. Berdasarkan data KPw BI Gorontalo, pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo pada Triwulan II tahun 2019 sebesar 6,69 persen atau lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional pada periode yang sama sebesar 5,05 persen.

“BI Gorontalo memiliki kedudukan dan peran yang sangat strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi tersebut. BI bersama pemerintah daerah juga mampu bersinergi mengendalikan tingkat inflasi di Gorontalo melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah. Saya berharap di bawah kepemimpinan pak Budi Widihartanto sinergitas dan koordinasi ini bisa lebih ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat Gorontalo,” ujar Wagub Idris Rahim.

BACA JUGA : Antisipasi Banjir Di Musim Hujan, PUPR Bangun Pengaman Badan Sungai

Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Gorontalo merupakan tindak lanjut dari pelantikan 46 pimpinan satuan kerja di lingkungan BI. Ricky P. Gozali yang sebelumnya memimpin KPw BI Gorontalo menduduki jabatan baru sebagai Kepala Divisi Departeman Internasional, sementara Budi Widihartanto sebelumnya dari Direktorat UMKM BI. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles