Sensus Penduduk 2020, Wagub Imbau ASN Proaktif dalam Pengisian Data

60DTK – Kota Gorontalo : Dalam rangka Sensus Penduduk 2020 secara online, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengimbau Aparatur Sipil Negara untuk proaktif dalam pengisian data-data yang dibutuhkan.

Hal itu disampaikannya di hadapan peserta apel Kopri yang berlangsung di halaman Museum Purbakala Popaeyato, Kota Gorontalo, Senin (17/02/2020).

Baca Juga : 10 Tahun Sekali, Gubernur Imbau Warga Gorontalo Sukseskan Sensus Penduduk 2020

“Bapak/Ibu agar supaya proaktif untuk nantinya diharapkan memberikan data-data kepada Tim Pokja BPS dan Dukcapil. Siapkan data-data yang dibutuhkan”, imbau Idris.

Idris mengaku, Ia telah melakukan Sensus Penduduk online. Hanya lima menit mengisi data secara online, data dirinya sudah ada di pusat.

Baca Juga : Wakil Gubernur Gorontalo Ikut Sensus Penduduk 2020 Secara Online

Idris juga memberikan arahan agar setiap ASN mulai dari pejabat pratama hingga pelaksana, harus mampu menguasai tugas pokok dan fungsi masing-masing, serta mempertanggungjawabkan dengan baik.

“Program yang dipercayakan kepada kita semua harus mampu kita pertanggung jawabkan. Bukan hanya sekedar realisasi fisik dan keuangan saja, tapi perlu kita evaluasi sejauh mana dampaknya, sejauh mana manfaat daripada program itu, yang tentunya tidak hanya kita pertanggung jawabkan di dunia saja, tetapi harus kita pertanggung jawabkan sampai di akhirat”, jelas Idris.

Baca Juga : Seluruh OPD Pemprov Gorontalo Wajib Dukung Kelancaran Pemeriksaan BPK

Terkait pemeriksaan atau audit yang saat ini sedang dilakukan perwakilan BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan), Idris mengingatkan perlu kerjasama dari semua pihak untuk diperhatikan. Terutama ketersediaan data dan kehadiran pihak-pihak terkait yang dibutuhkan.

“Audit sekarang ini, apakah kita bisa mempertahankan Wajar Tanpa Pengecualian, karena kita tahu bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo sudah 7 kali mempertahankan WTP”, ungkap Idris.

Baca Juga : Masuk Musim Tender, Rusli Ingatkan Tidak Ada ‘Kontraktor Titipan’

Ia juga mengingatkan, untuk segera membelanjakan anggaran tahun 2020 karena berpengaruh pada ekonomi Gorontalo.

“Segera dilakukan lelang, karena ekonomi Gorontalo sangat tergantung pada belanja pemerintah. Kalau belanja pemerintah sudah dikucurkan, InsyaAllah akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi kita,” urai Idris.

Baca Juga : Batal Dirumahkan, Ribuan PTT Malah Dapat Kenaikan Honor Setara UMP

PPT (Pegawai Tidak Tetap) yang juga ikut dalam apel Korpri mendapat ucapan selamat dari Wagub Idris Rahim.

“Saya ucapkan selamat kepada tenaga honorer yang telah diperjuangakan oleh bapak gubernur dan beberapa anggota DPRD untuk menemui bapak Menteri Dalam Negeri dan Menpan-RB”, pungkas Idris. (adv)

Sumber : humas.gorontaloprov.go.id

Comments are closed.