Sistem Penyediaan Air Minum Resmi Dapat Izin Kepala Daerah

60DTK – JAKARTA : Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim bersama kepala daerah kabupaten/kota menandatangani berita acara Kesepakatan Bersama Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Gorontalo Raya bertempat di Kantor Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR), Jakarta Selasa, (14/5/2019).

Kesepakatan dengan Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Sumber Daya Air itu dikuti oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Wali Kota Gorontalo Marten Taha. Hadir pula Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Wabub Boalemo Anas Yusuf serta Wabub Pohuwato Amin Haras.

BACA JUGA : Sekda Ajak Seluruh Stakeholder Seriusi Masalah Napza

Kesepakatan bersama tersebut berisi tentang dukungan pemerintah daerah untuk rencana pembangunan SPAM Regional yang akan dibangun di Gorontalo. Rencananya SPAM tersebut akan memanfaatkan debit air sungai Bulango yang ditampung oleh Waduk Bulango Ulu. Waduk yang pembangunannya saat ini memasuki proses penetapan lokasi lahan.

“Penandatanganan ini kita lakukan di bulan Ramadan. Mudah-mudahan ini juga mendapatkan berkah dan percepatannya,” kata Idris.

Pembangunan SPAM yang mampu melayani kebutuhan air di Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo itu dinilai sangat penting. Selain capaian akses air minum Gorontalo yang baru 79,2 persen, ketersediaan air bersih masih menjadi kendala terutama di musim kemarau.

BACA JUGA : Masuk Segmen Tiga, GORR Direncanakan Alih Trase

“Kalau mengharap pada APBD tentu hal ini tidak mungkin, maka dari itu kami apresiasi dengan penanganan langsung oleh Kementerian PUPR. Kami berharap capaian air minum Gorontalo dalam empat tahun kedepan bisa memperoleh presentasi 80 hingga 90 persen,” pungkasnya. (rls)

Sumber : Humas Gorontalo Prov

Comments are closed.