Suhu Dingin Semalam, BMKG: Suhu Minimum Terendah Selama 5 Tahun Terakhir

60DTK – Gorontalo: Wilayah Gorontalo semalam dilanda suhu dingin, menurut Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Gorontalo, bahwa suhu dingin yang melanda wilayah Gorontalo merupakan suhu minimum terendah selama lima tahun terakhir di Gorontalo. Selasa, (10/9/2019).

Suhu minimun yang melanda wilayah Gorontalo semalam mencapai 17 derajat celcius sesuai catatan perkiraan cuaca oleh BMKG dan termasuk paling terendah.

Menurunnya suhu minimum terendah di Gorontalo ini dibenarkan oleh pihak BMKG, dalam hal ini Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Gorontalo, Wahyu Guru I, mengatakan bahwa pada biasanya suhu minimum di bulan September itu pada 18 derajat celcius, tapi tadi (9/9) malam turun satu derajat dari biasanya.

“Iya, memang betul semalam Gorontalo dilanda suhu yang dingin, itu merupakan suhu minimum terendah selama lima tahun terakhir, dan suhu maksimum di Gorontalo biasanya mencapai 35 derajat celcius tapi pada bulan September tahun ini mencapai 34.4 derajat celcius,” kata Wahyu Guru I, saat dihubungi awak media melalui saluran telepon. Selasa, (10/9/2019).

Wahyu juga menjelaskan, suhu minimum terendah ini masih dalam keadaan normal belum masuk pada kategori suhu terekstrem.

“Di Isimu tercatat suhu minimum turun sampai 17 derajat celcius, tapi tidak mengakomodir semua wilayah. Ada yang turun satu derajat dan bisa jadi juda di tempat lain kembali pada posisi 18 derajat pada biasanya. tapi suhu udara semalam memang dingin,” katanya.

Penulis: Zulkifli M.

Comments are closed.