Terima Aspirasi Revitalisasi Gilingan Padi, Ini Penjelasan Deprov Gorontalo

  • Whatsapp
Tim Pansus LKPJ Gubernur Gorontalo saat melakukan kunjungan ke salah satu gilingan padi yang ada di Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (22/03/2022). (Foto: Istimewa)

60DTK, Bone Bolango – DPRD Provinsi Gorontalo menerima aspirasi revitalisasi bangunan dan lantai jemuran padi. Aspirasi ini diterima oleh Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Gubernur Gorontalo saat melakukan kunjungan ke salah satu gilingan padi yang ada di Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango.

“Pada saat kunjungan, ada keinginan yang disampaikan untuk diperbarui gedung dan lantai jemuran,” beber Wakil Ketua Pansus, Espin Tulie, Selasa (22/03/2022).

Bacaan Lainnya

Menanggapi permintaan itu, Espin menjelaskan bahwa memang sejak tahun 2019 lalu pihaknya selalu menyuarakan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo agar melakukan revitalisasi terhadap gilingan padi yang ada, dengan harapan padi yang digiling bisa menjadi beras dengan kualitas premium.

Di sisi lain, kata Espin, rata-rata gilingan padi yang ada di Provinsi Gorontalo saat ini sudah cukup tua, sekitar 20 sampai 30 tahun. Oleh karena itu, perlu dilakukan peremajaan, baik dari mesin penggilingan itu sendiri, bagunan, lantai jemuran, dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah Pemerintah Provinsi sudah menganggarkan itu melalui Dinas Pertanian maupun Dinas Pangan, dan itu dibagi di daerah yang memiliki sentra produksi pertanian seperti Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Utara, Boalemo, dan Pohuwato. Kota Gorontalo tidak, karena lahan pertanian di sini kecil,” ujar Espin. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait