TNI/Polri Bersinergi Tangani Banjir dan Longsor di Monano

60DTK-Gorontalo Utara: TNI/Polri turun bersinergi untuk menanggapi banjir dan longsor yang melanda wilayah Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, serta membantu masyarakat yang terdampak bencana tersebut, Senin (2/03/2020).

Dandim 1314/Gorontalo Utara, Firstya Andrean Gitrias menuturkan, memang setelah menerima informasi terkait bencana tersebut, dirinya langsung mengerahkan personel-nya untuk turun ke lokasi, guna membantu mensterilkan akses jalan yang tertutupi longsor.

Baca juga: Ini Tanggapan Ridwan Yasin Soal Banjir Dan Tanah Longsor Di Gorut

“Setelah mendapat informasi dari anggota, ada beberapa wilayah terjadi bencana alam, kami respons dengan cepat dan menginstruksikan beberapa personel turun ke lokasi,” ujar Firstya.

Ia menegaskan, hal ini mereka lakukan sebagai bentuk kepedulian, karena menurutnya, TNI tidak hanya bertugas untuk mengamankan negara secara umum, namun juga membantu masyarakat secara keseluruhan, terutama saat terjadi bencana.

Baca juga: Meski Tak Ada Korban Jiwa, Pemkab Gorontalo Gerak Cepat Atasi Dampak Banjir

“Langkah tersebut merupakan bentuk kepedulian aparat dalam melakukan pertolongan dan proses evakuasi bagi yang terdampak longsor dan banjir,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resort Gorut, Dicky Irawan Kesuma menambahkan, meski bantuan alat berat untuk memperbaiki ruas jalan yang penuh dengan lumpur dan material tanah longsor tersebut masih ditunggu, namun jalan sudah bisa dilalui oleh masyarakat, meski tetap perlu hati – hati.

Baca juga: Komisi IV DPRD Gorontalo Akan Salurkan Bantuan Di Lokasi Banjir Gorut Dan Boliyohuto

“Alhamdulillah setelah kerja sama dalam mengevakuasi kendaraan, dengan perlahan sudah bisa melintasi jalan tersebut,” pungkas Dicky.

 

Pewarta: Usman Dai

Comments are closed.