Toraja Utara jadi Etape Terakhir Hari Pertama JWS 2020

60DTK – Toraja Utara : Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan merupakan etape II sekaligus menjadi etape terakhir di hari pertama Touring Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020.

Tepat pukul 20.00 WITA, rombongan touring disambut oleh Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan dan jajarannya di Hotel Missiliana, Sabtu (22/02/2020).

Kepada rombongan, Kalatiku membeberkan pengalamannya dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Toraja Utara. Ia menuturkan, budaya daerah dijadikan sebagai kunci untuk meraih perhatian wisatawan.

“Daerah ini memiliki kebijakan yaitu upaya kami mengembangkan pariwisata, agar masyarakat di sini sejahtera. Kami memiliki 17 unggulan objek wisata, dan sementara mengembangkan 387 objek wisata”, jelasnya.

Mendengar hal itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengaku kagum dengan pesona daerah Toraja Utara. Ia sempat menceritakan perjalanannya menutuju lokasi tersebut.

“Saya mendukung kebijakan Pak Bupati, Toraja Utara itu indah. Saya tadi singgah di Gunung Nona, melihat keindahan di sana. Kami menghabiskan hampir 10 piring pisang goreng tadi di tempat itu”, ungkap Rusli.

Dari kota kelahiran Almarhum BJ Habibie (Pare-Pare), rombongan touring menempuh perjalan dengan jarak 176 kilometer melalui Kabupaten Sidrap, Enrekkang, Tana Toraja hingga berakhir di Toraja Utara.

Meskipun menunggangi mobil dengan ribuan cc, rombongan kerapkali melambatkan kenderaannya. Dengan alasan, kondisi medan yang sempit dan sering berpapasan dengan kenderaan berukuran besar dari arah yang berlawanan.

Selain itu, rombongan juga tak lupa mampir dan beristirahat di beberapa titik, seperti SPBU dan lokasi-lokasi wisata yang salah satunya ialah Gunung Nona tepatnya di Kabupaten Enrekkang.

Pada kesempatan itu, Gubernur Gorontalo dan rombongan touring disambut oleh Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Provinsi Sulawesi Selatan. (adv)

Comments are closed.