Tujuh Lokasi di Kabgor Akan Dipasang Layanan Akses Internet

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Tujuh lokasi di wilayah Kabupaten Gorontalo yang sulit dijangkau jaringan telekomunikasi dan masyarakatnya tidak bisa menikmati jaringan internet, akan dipasang very small aperture terminal (VSAT) atau stasiun penerima sinyal dari satelit pada tahun 2021 ini.

Rencana tersebut dibeberkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome, setelah pihaknya menerima surat pemberitahuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Baca juga: Seorang Kades di Kabgor Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Penganiayaan

(Ilustrasi: Itworks)

expo

“Di tahun ini kita dapat tujuh lokasi yang akan dipasang VSAT. Kegunaannya untuk internet, tidak bisa digunakan telepon seluler. Anggarannya dari Kementerian Kominfo,” kata pria yang akrab disapa Haris itu, Kamis (26/08/2021).

Haris mengatakan, untuk lokasi-lokasi pemasangan VSAT ini sudah ditentukan oleh BAKTI. Namun, pihaknya diberikan kesempatan untuk meninjau wilayah yang ada dan mengusulkan wilayah yang pantas mendapatkan pemasangan perangkat tersebut.

Baca juga: Rencana Vaksinasi Siswa di Kabgor Tuai Pro Kontra Dari Orang Tua

“Kita akan lakukan survei dulu lokasi-lokasi yang sudah ditentukan, mungkin sampai satu pekan. Kalau misalnya di lokasi itu sudah ada internetnya, kita akan usulkan pemindahan di tempat yang masih blank spot dengan catatan ada jaringat listrik,” jelasnya.

Diketahui, tujuh lokasi yang sudah dipilih oleh BAKTi ini tersebar di sejumlah wilayah yang meliputi Kecamatan Asparaga, Tolangohula, Pulubala, Boliyohuto, dan Mootilango.

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles