Unisan Kampus Pertama di Gorontalo yang Jalin Kerja Sama dengan Tokopedia

60DTK – Daerah: Tokopedia situs jual beli online terbesar di Indonesia akhirnya membuka peluang kerjasama dengan beberapa kampus di seluruh Indonesia, khususnya di Gorontalo. Salah satu kampus di Gorontalo yang beruntung menjalin kerjasama dengan perusahaan e-commerce ini, ialah Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo. Senin (21/10/2019).

Kerja sama yang dijalin antara Tokopedia dan Unisan Gorontalo itu, dengan menghadirkan Tokopedia corner di kampus swasta tersebut.

Melalui kedatangan Business Development Tokopedia, Vidya Anggraini, ke kampus Unisan Gorontalo menjadi  penanda Unisan satu-satunya kampus di Gorontalo yang menjalin kerja sama dengan Tokopedia.

“Jadi bentuk kerja samanya kita dengan kampus yakni di Tokopedia corner. Corner ini ditujukan untuk mahasiswa, dosen, dan karyawan khusus untuk Universitas Ichsan Gorontalo. Jadi bisa kena diskon potongan ongkirnya bisa sampai 50 persen,” ungkap Business Development Tokopedia, Vidya Anggraini, Senin (21/10/2019).

Vidya juga menjelaskan, kerja sama Tokopedia bukan hanya itu saja, tapi tokopedia ada kerja sama tentang Tokopedia Youth, Tokopedia Class, dan Tokopedia beasiswa juga khusus bagi anak-anak mahasiswa yang kampusnya telah bekerja sama dengan Tokopedia.

“Program dan tujuannya untuk mengembangkan minat dan bakat Development dan Enterpreneur di kalangan mahasiswa. Kita juga ingin adanya saling kerja sama dari pihak Unisan Gorontalo untuk mahasiswanya mendapatkan feedback dari Tokopedia untuk bisa magang nantinya.”

Kata Vidya juga, anak-anak mahsiswa yang mau berjualan melalui Tokopedia corner harus mendaftar di Tokopedia dulu. Setelah mendaftar, baru barang bisa dijualkan lagi pake aplikasi Tokopedia dan dijual kembali melalui Tokopedia corner yang telah disediakan.

Selain itu juga, Tokopedia sendiri menargetkan awal November nanti pekerjaan corner ini telah selesai. Dan corner ini bisa digunakan oleh siapapun; baik civitas akademika kampus, karyawan, dan mahasiswa. Corner ini juga nantinya bisa sebagai Co-Working Space bagi anak-anak mahasiswa, hanya dari kampus Unisan saja yang bisa menggunakannya, selain Unisan tidak bisa.

“Karena ini khusus untuk civitas akademika yang sudah bekerja dengan Tokopedia. Kecuali dikampus tersebut sudah ada corner-nya baru bisa menggunakan corner dikampus mereka masing-masing,”urainya.

Menaggapi kerja sama ini, pihak kampus Unisan melalui Wakil Rektor III, Achmad Risa, mengungkapkan rasa syukur atas kerja sama dengan Tokopedia. Karena menurutnya, hanya kampus Unisan yang pertama di Gorontalo melakukan kerja sama dengan perusahaan jual beli online terbesar di Indonesia tersebut.

“Alhamdulillah kami berhasil menggaet Tokopedia sebagai wujud perkembangan Development 4.0 bagi mahasiswa. Kabar baik kehadiran tokopedia corner pertama di Gorontalo bisa menghadirkan macam-macam program, baik itu program dari tokopedia yang berbentuk kerja sama, serta program beasiswa dan pemagangan mahasiwa Unisan nanti di Tokopedia,” ungkap Achmad Risa.

Ia juga mengatakan, tujuannya untuk mendatangkan Tokopedia agar memancing semangat anak muda bergelut dalam bisnis digital, apalagi Mba Vidya selaku senior Business Development Tokopedia yang masih muda. Bisa jadi motivator bagi mahasiswa Unisan Lainnya.

“Harapan lainnya untuk perkembangan mahasiswa Unisan Gorontalo ke depannya. dan memungkinkan juga pihak Tokopedia membuka peluang sebanyak-banyaknya untuk menerima pemagangan serta lulusan dari kampus ini, karena keberhasilan kami membuka Tokopedia corner untuk pertama kali di Gorontalo,” katanya saat di wawancarai awak media.

Penulis: Zulkifli M.

Comments are closed.